5 Sekte Aliran Sesat yang Pernah Ada di Indonesia, Terakhir Baca Istigfar Terbalik

Lokasi aliran sesat pemuja kuburan kosong di Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Trending – Baru-baru ini beredar video sekte aliran sesat dengan ritual dijilat anjing dan membaca lafaz istigfar secara dibalik viral di media sosial. Aliran ritual sesat itu terjadi di Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Bernyali Besar Sopir Angkot Pepet Fortuner Polisi, Begini Endingnya

Dalam video, tampak ritual doa di depan sebuah makam. Juga terlihat adanya seekor anjing berwarna hitam yang hadir dalam ritual doa tersebut.

Ilustrasi pemuja setan

Photo :
  • FB Lucien Greaves
Video Truk Pengakut Motor-motor Baru Terguling, Beat dan Vario Hancur Terlempar

Nyatanya, ada beberapa sekte aliran sesat lain yang pernah terjadi di Indonesia. Seperti diketahui sekte sesat di memiliki pemimpin dalam melarang sejumlah hal yang menyimpang dari ajaran sebenarnya.

Bahkan, tak jarang diiringi dengan praktik sesat dan bebas sebagai bagian dari ajaran mereka. Tentu saja, kabar kehadiran sekte sesat dan keanehan ini menggemparkan dan bahkan tak jarang membuat masyarakat geram dengan tingkah lakunya. Berikut daftar Sekte Aliran sesat yang pernah ada di Indonsia.

Cuma Warga +62, Emak-emak Dasteran Naik Lamborghini ke Warung

1. Kerajaan Ubur-Ubur

Ajaran kerajaan ubur-ubur disesuaikan sebab, aktivitas Kerjaan Ubur-ubur melaksanakan ritual zikir pada malam Jumat kemudian diakhiri dengan nyanyian dan tari-tarian. Mereka beranggapan dengan berzikir semalam suntuk dapat mempermudah membuka kunci harta karun yang terpendam di Nusantara.

Aliran sesat ini dibentuk oleh pasangan suami istri bernama Rudi dan Aisyah. Mereka dikenal warga tidak pernah sholat berjamaah di masjid ataupun mushola dekat rumahnya. Pengikut aliran sesat itu mayoritas warga Jawa Timur dan Jawa Tengah.

2. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)

Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)

Photo :
  • @Gafatar

Kelompok Gerakan Fajar Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Gafatar dinyatakan sebagai aliran sesat atau sekte sesat oleh MUI pada tahun 2016. Kelompok Gafatar dinyatakan sesat karena menurut MUI mereka merupakan metamorfosis dari Al-Qiyadah. Dimana, sebelumnya Al-Qiyadah telah dinyatakan sesat oleh MUI.

Adapun Gafatar juga telah menjadikan Ahmad Moshaddeq sebagai guru spiritualnya. Selain itu, Gafatar telah memberikan ajaran Millah Abraham, ajaran yang mencampur-campurkan agama. Ketua MUI saat itu, KH Ma'ruf Amin menjelaskan, terjadi percampuran agama Islam, Nasrani, dan Yahudi pada organisasi Gafatar.

3. Ajaran Aliran Surga Adn

Nama-nama Surga

Photo :
  • pixabay

Aliran Surga Adn dipelopori oleh Ahmad Tantowi yang menyebarkan ajaran-ajaran yang jauh menyimpang. Aliran ini tidak mewajibkan para pengikutnya untuk melakukan shalat. Selain tidak wajib shalat, aliran ini juga anjuran berinfak.

Para pengikutnya wajib menyetorkan setoran 10% dari penghasilan mereka kepada sang pimpinan, lalu ada potongan 10% dari penghasilan bulanan, setiap pengikutnya diwajibkan untuk menyetorkan uang rata-rata Rp3-4 juta setiap bulan.

4. Satria Piningit Weteng Buwono

Tempat ritual aliran Satria Piningit

Photo :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

Agus Imam Solihin alias Agus Noro alias Papi, pemimpin aliran Satrio Piningit Weteng Buwono kesaksian, telah menjalankan aliran Satrio Piningit yang dinilai menyimpang dari ajaran Agama Islam.

Agus pun menyatakan dirinya sebagai Tuhan dihadapan jamaahnya dari tahun 2015-2016. Ajaran Satrio Piningit tersebut menyatakan cukup mengingat Tuhan sama dengan shalat. Selain itu, membayar zakat hanya wajib bagi yang sudah bekerja.

Agus juga pernah memerintahkan pasangan suami-istri untuk melakukan persetubuhan secara beramai-ramai dalam satu ruangan. Hakim menjatuhkan hukuman 2 tahun 6 bulan atau 2,5 tahun penjara terhadap Agus Imam Solihin karena melanggar pasal 156 a tentang Penodaan Agama.

5. Aliran Sesat Di Tanggerang

Lokasi aliran sesat pemuja kuburan kosong di Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Llafaz istigfar dibalik viral di media sosial. Aliran ritual sesat itu terjadi di Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam video, tampak ritual doa di depan sebuah makam. Juga terlihat adanya seekor anjing berwarna hitam yang hadir dalam ritual doa tersebut.

Apalagi beredar isu di tengah masyarakat jika para peziarah yang ingin ikut serta dalam ritual sesat tersebut harus dijilat terlebih dahulu oleh seekor anjing tersebut. Parahnya lagi, para peziarah harus mengartikan kalimat zikir secara terbalik dari astaghfirullahaladzim menjadi haladzimastagfirullah.

Dikutip dari Antara, Jumat, 17 Februari 2023, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisoka mengungkapkan temuan aliran sesat itu berawal dari informasi masyarakat.

Kemudian, diminta dengan instansi terkait langsung mengecek lokasi tempat keberadaan ajaran sesat yang dipimpin seorang pria dengan nama Aliyudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya