TransJakarta Mengecam Keras Pelecehan Seksual yang Terjadi di Bus Rute Monas-Pulogadung

Terduga pelaku pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta rute Monas-Pulogadung
Sumber :
  • Twitter

VIVA Trending – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengecam keras pelecehan seksual yang baru saja terjadi di bus rute Monas-Pulogadung dan seluruh aksi serupa di moda transportasi umum manapun.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

“Kami mengecam keras dan tegas adanya pelecehan seksual di transportasi umum manapun khususnya TransJakarta. Siapapun pelakunya harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Apriastini Bakri dikutip Antara, Rabu 22 Februari 2023.

Antrian Penumpang Transjakarta

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro
Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Berdasarkan video yang diunggah akun Twitter everfIawIess, dia membenarkan adanya kasus dugaan pelecehan seksual terhadap penumpang wanita saat menaiki bus rute Monas-Pulogadung (Koridor 2) pada Senin 20 Februari 2023 sekitar pukul 19.45 WIB.

Diceritakan saat bus melaju ke Pulogadung, tiba-tiba pihak TransJakarta mendengar seorang wanita berteriak sambil menarik baju pelanggan pria yang diduga pelaku pelecehan.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Melihat kejadian itu, kata Apriastini, petugas pramusapa, petugas kebersihan yang sedang bertugas dan dua penumpang bus lainnya langsung menghampiri dan mengamankan terduga pelaku dengan mengejarnya.

Namun, pelaku memberontak melarikan diri dengan cara meloncat ralling atau pagar pembatas halte sehingga tersungkur dan barang-barang pribadinya tertinggal. Adapun barang yang tertinggal adalah satu paket kunci dan kartu Flazz.

Kemudian barang-barang tersebut diamankan oleh petugas pramusapa untuk diserahkan kepada pihak kepolisian sebagai barang bukti untuk proses hukum selanjutnya.

Apriastini mengatakan, TransJakarta sangat mengapresiasi keberanian korban untuk melapor ke petugas terkait pelecehan yang diduga dialaminya.

“Kami sangat mengapresiasi keberanian korban. Semoga pihak korban mau melaporkan kasus tersebut kepada pihak berwajib,” kata dia

Selain itu dia juga mengapresiasi gerak cepat petugas dan pelangan lain dalam menolak adanya tindakan pelecehan seksual, khususnya di transportasi umum.

Calon penumpang mengantre untuk menaiki bus Transjakarta di Halte Harmoni

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya