Heboh Video Lubang Misterius di Gunung Galunggung

Lubang Misterius di Gunung Galunggung
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Trending – Belum lama ini terdapat sebuah unggahan video viral di media sosial TikTok mengenai adanya lubang besar yang berada di lereng Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Video unggahan yang menyebut adanya "Lubang Misteri" di kaki Gunung Galunggung, diunggah oleh akun TikTok @rendichu03 pada 7 Desember 2022.

Target Kunjungan Wisatawan Jabar, wisata kawah Gunung Galunggung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

"Lubang misteri, Lubang terdalam yang ada di sekitaran Gunung Galunggung. Ada yg tau ga sih ini bekas apa?" tulis akun tersebut dalam unggahan videonya. ada yang tau ga sih..ini bekas apa?? #gununggalunggung #tasikmalaya ?”

Dalam video tersebut terlihat adanya sebuah lubang besar di antara semak belukar yang terlihat ditutupi penutup besi. Ketika kamera didekatkan, lubang tersebut terlihat gelap dan misterius.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Komentar warganet hingga Kamis (23/2/2023), video tersebut telah dilihat lebih dari 10 juta kali, disukai lebih dari 406.000 akun dan mendapat ribuan komentar. Sejumlah warganet memberikan komentar terkait unggahan tersebut.

Di antaranya menyebut soal saluran lahar ketika Gunung Galunggung meletus pada 1982.  "Kalau benar itu di Galunggung, mungkin untuk saluran lahar atau serapan ketika Galunggung meletus th 1982," kata akun dengan nama Toedji S..'61.

"Kelahiranku Tasikmalaya, tapi baru tau di gunung Galunggung ada sumur sedalam itu," kata akun dengan nama Ivi. Lalu, apa sebenarnya lubang tersebut? 

Penjelasan PVMBG

Koordinator Gunung Api di Unit Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Oktory Prambada menjelaskan, bahwa fungsi lubang atau terowongan tersebut adalah untuk mengurangi volume dari danau kawah Gunung Galunggung.

Oktory menjelaskan, Gunung Galunggung memiliki danau kawah yang terbentuk usai erupsi tahun 1982. Kawah tersebut semakin hari semakin terisi oleh air. Oleh karena itu kemudian Pemerintah membangun sejumlah terowongan untuk pembuangan air dari danau kawah Gunung Galunggung pada tahun 1996.

"Tahun 1996, volume air berkisar 7 juta meter kubik, kemudian 1996 Pemerintah melakukan pengurangan debit air di kawah Galunggung dengan cara membuat tunnel-tunnel terowongan pembuangan air," kata Oktory. 

Lubang Misterius di Gunung Galunggung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pihaknya mengungkapkan, setelah terowongan dibuat, volume danau kawah Gunung Galunggung mulai berkurang drastis. "Sekarang sekitar 700.000 meter kubik, dari yang dulunya 7 juta meter kubik," katanya.

Oktory menjelaskan, air danau kawah Gunung Galunggung saat berlebih akan mengalir melalui terowongan tersebut dan kemudian langsung dialirkan ke sungai-sungai yang ada di sekitar Gunung Galunggung. Menurutnya ada beberapa tunnel-tunnel lain di sekitar Gunung Galunggung yang dibuat di sejumlah tingkat ketinggian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya