Viral Video Yamaha Nmax Terbang Akibat Rem Blong

Detik-detik Yamaha Nmax Terbang Karena Rem Blong di Turunan
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Kasus rem blong kerap kali menghantui para pengendara ketika melaju di turunan terjal, terutama pada motor dengan transmisi otomatis atau skutik. Hal ini dikarenakan skutik tidak memiliki engine brake seperti motor gigi atau sport.

Top Trending: Sosok Kowad Cantik Hingga Detik-detik Mencekam Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana

Jadi ketika skutik melintas di turunan terjal dan panjang, pengemudi cenderung menggunakan rem yang terdapat di roda depan dan belakang kemudian menekannya dengan waktu yang cukup lama.

Padahal, penggunaan rem secara terus menerus meningkatkan risiko mengalami rem blong. Apabila rem motor skutik blong, tentu dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Viral Detik-detik Mencekam Kecelakaan Bus Pelajar SMK Lingga Kencana: Allahu Akbar!

Salah satunya seperti video yang diunggah akun Instagram fakta.indo, terlihat pengendara Yamaha Nmax kehilangan kontrol saat melintas di turunan panjang Jalur Cangar Pacet arah Kota Baru menuju Mojokerto.

Daftar Harga Motor Matic Suzuki per Mei 2024, Berapa Paling Murah?

Terlihat dalam video Nmax yang dikendarai melaju dengan kecepatan tinggi. Nampak lampu rem menyala menandakan pengendara menekan tuas rem, namun tidak ada tanda motor berkurang kecepatannya.

Dengan kecepatan tinggi, Nmax itu menabrak tumpukan pasir yang sengaja dibuat untuk menahan kendaraan yang mengalami rem blong. Namun, saking cepatnya, motor dan penumpangnya sampai terbang dan terjungkal.

Cara mengatasi rem blong di skutik

Detik-detik Yamaha Nmax Terbang Karena Rem Blong di Turunan

Photo :
  • Instagram

Sebelum bepergian, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksa komponen rem skutik Anda dengan teliti. Pastikan kampas, oli, dan piringan cakram masih dalam kondisi yang layak. Jika menemukan keausan, maka sebaiknya segera diganti.

Yang harus dilakukan oleh pengendara skutik pada saat berkendara di jalan yang menurun dalam waktu yang lama adalah dengan menggunakan rem secara bergantian. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar rem tetap dalam kondisi maksimal.

Kemudian, luangkan waktu untuk beristirahat ketika Anda melintasi medan jalan yang naik turun. Mungkin terdengar sepele, namun ini adalah solusi agar rem bisa turun ke suhu yang normal dan mengurangi risiko rem blong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya