Ustaz Khalid Basalamah Ditolak Ceramah di Masjid Aljabbar, Afif Fuad Saidi: Saya Kecewa Sumpah!

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Youtube KHB

VIVA Trending – Baru-baru ini Ustaz Khalid Basalamah kembali menyita atensi masyarakat, setelah kabar dirinya batal mengisi sebuah ceramah di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota, Bandung, Jawa Barat. 

Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Sebelumnya, Ustaz Khalid Basalamah dijadwalkan untuk mengisi ceramah di masjid tersebut pada Sabtu mendatang, 18 Maret 2023. Namun sayang, sebelum acara tersebut berlangsung sejumlah publik dihebohkan dengan serangkaian reaksi kontra yang cukup kuat, salah satunya dari anggota GP Ansor yakni Afif Fuad Saidi.

Tak hanya nama Ustaz Khalid yang jadi sorotan, sosok anggota Ansor-Banser Afif Fuad Saidi pun ramai diperbincangkan warganet.  Afif ramai diperbincangkan sejumlah warganet di media sosial, usai penolakan gamblangnya terhadap Ustaz Khalid Basalamah yang rencananya akan mengisi ceramah di Masjid Raya Al-Jabar pada pekan ini. 

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Arie Febriant Hingga Pria Tampar Wanita Gegara Disebut Alien

Melalui akun Twitter pribadinya @AfifFuadS pada Sabtu, 11 Maret 2023, dia membuat cuitan perihal rasa kecewanya terhadap Pemprov Jabar, yakni Ridwan Kamil.

Tak tanggung-tanggung, dia bahkan mempertanyakan kepada Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil secara langsung melalui cuitan Twitternya tersebut, perihal pemberian izin terhadap Ustaz Khalid Basalamah yang akan mengisi ceramah di masjid yang berlokasi di Bandung tersebut.

TERPOPULER: Ustaz Khalid Basalamah Bocorin Rahasia Seks Hingga Ucapan Selamat Idul Fitri

"Pak @ridwankamil Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e smean gimana?" ujarnya lewat cuitan yang dbuatnya pada 10 Maret 2023 yang lalu.

Menurut anggota GP Ansor tersebut,  Ustaz Khalid Basalamah merupakan ulama salafi yang nantinya hanya bisa memunculkan keresahan di tengah-tengah masyarakat yang mendengar ceramahnya tersebut. 

Afif Fuad Saidi juga menambahkan alasan lainnya menolak Khalid Basalamah ceramah di al Jabbar. Menurutnya, masjid tersebut adalah milik Pemprov Jabar dan Khalid Basalamah dalam ceramahnya dianggap intoleran.

Tidak hanya itu, Afif Fuad Saidi juga menyebut jika sosok pendakwah satu ini termasuk penceramah radikal sehingga sangat berbahaya kehadirannya di tengah-tengah masyarakat. 

Karena kekhawatiran itulah, membuat Afif langsung menyenggol dan mengungkapkan langsung kekecewaan tersebut pada Ridwan Kamil via Twitter. Sontak saja unggahan cuitan Twitter yang dibuat Anggota GP Ansor Banser Afif Fuad Saidi langsung ramai dan menuai sorotan warganet.

Ustaz Khalid Basalamah

Photo :
  • Instagram @khalidbasalamahofficial

Usai viralnya cuitan tersebut, sejumlah warganet pun mengingatkan agar Afif sebagai anggota Banser tidaklah bersikap arogan dan tidak mudah melabeli seorang yang berbeda pandangan dengannya.

"Satu lg katak dlm tempurung, menyerang ulama diluar NU dgn narasi pengasong khilafah, gini nih akibat dibego2in kelompok said aqil.. ceramah berdasar Qur'an & Hadist malah dituduh ngasong khilafah, makanya denger ceramah itu jgn cm berdasar katanya kyai tp hrs pake dalil sahih.." tulis warganet 

Setelah adanya reaksi kontra yang ramai hingga banyak menuai sorotan publik tersebut, akhirnya Ustaz Khalid Basalamah pun dinyatakan gagal untuk mengisi ceramah di sana.

Tanggapan Wakil Gubernur Jabar

Masjid Agung Al-Jabbar

Photo :
  • https://factsofindonesia.com/

Menanggapi isu yang tengah viral dan heboh di media sosial tersebut, Wakil Gubernur Jabar yakni Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, bahwa Masjid Al-Jabbar adalah masjid milik seluruh umat Islam. Hal tersebut bukan karena masjid tersebut dibangun APBD, tapi memang kepunyaan semua umat Muslim.

"Oleh karena itu, silakan mempergunakan sepanjang untuk kemaslahatan ummat. Kemaslahatan bangsa, negara. Artinya, untuk membangun kesadaran dan ketakwaan, rasa nasionalisme, kebangsaan silakan. Toh agama juga seperti itu," ujar Uu kepada para awak media di Gedung Sate, Senin 13 Maret 2023.

Dalam hal ini Uu menerangkan, sepanjang tidak membawa kemudharatan dan tidak bertentangan dengan dasar negara serta tidak membuat perpecahan, pihaknya memperbolehkan Masjid Al Jabbar digunakan.

Melansir salah satu sumber pada Rabu, 15 Maret 2023, mewakili pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar, Uu pun dengan tangan terbuka mempersilakan seluruh umat Muslim untuk merasakan Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung, termasuk kajian dari Ustaz Khalid Basalamah.

Baginya, selama materi ceramah maslahat bagi umat, bangsa, dan negara, maka tak ada alasan untuk adanya penolakan.

"Toh, agama juga seperti itu. Sepanjang tidak membawa kemudharatan dan tidak bertentangan dengan dasar negara dan tidak membuat perpecahan, sah-sah saja, tidak masalah. Tetapi sekalipun mengaku sebagai ormas Islam, umat Islam kalau ceramah hanya untuk memecah belah Ummat, saya tidak rela," kata Wagub Uu Ruzhanu Ulum, di Kota Bandung.

Masjid Al Jabbar Ditutup Sementara

Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar

Photo :
  • VIVA / Adi Suparman

Terlepas dari isu penolakan terhadap Ustaz Khalid Basalamah, rupanya Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung masih ditutup sementara hingga menjelang bulan suci Ramadhan, yakni 1 Ramadhan 1444.

Dalam hal ini pihak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja masih memastikan penataan dan pemeliharaan kawasan yang masih berjalan.

Dia menerangkan, bahwa penundaan dibuka kembalinya tempat ibadah tersebut adalah demi terciptanya kenyamanan hadirnya pelayanan paling ideal bagi umat muslim setempat, menyambut bulan suci Ramadhan nanti.

 "Hal ini dilakukan agar saat bulan Ramadhan tiba, masyarakat dapat beribadah di Masjid Raya Al Jabbar dengan tenang, tertib, dan nyaman," katanya di Bandung, Jumat, 11 Maret 2023.

Sebelumnya, Masjid Raya Al Jabbar dan kawasan sekitarnya ditutup sementara untuk penataan dan pemeliharaan yang diperkirakan berlangsung selama dua pekan, sejak 27 Februari pukul 00:00 WIB sampai 13 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya