Klarifikasi Ridwan Kamil: Guru Kritik Saya, Tak Perlu Diberhentikan

Komentar guru honorer kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan surat keputusan pengakhiran kerja.
Sumber :
  • Tangkapan layar bandung.viva.co.id

VIVA Trending - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan klarifikasi terkait guru SMK di Cirebon yang diberhentikan oleh yayasan sekolah karena mengkritik dirinya di akun Instagramnya.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

"Membuat saya juga kaget, dengan ini saya sampaikan klarifikasi,"jawab Ridwan Kamil di akun Instagramnya @ridwankamil, Rabu (15/3).

Menurut Ridwan Kamil, seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. 

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respons dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja," ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA
Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Lanjut Ridwan Kamil, terkait pemberhentian guru mungkin pihak sekolah melihat postingannya kasar. Padahal postingan guru itu bisa dilihat dan ditiru murid-muridnya. "Maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik insitusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan," jelas Ridwan Kamil.

Namun, Ridwan Kamil mengaku kurang setuju dengan keputusan sekolah dengan memberhentikan guru tersebut.

"Saya sudah mengontak sekolah/yayasan, agar yang bersangkutan untuk cukup dinasehati dan diingatkan saja, tidak perlu sampai diberhentikan," jelas Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Sabil Fadilah guru honorer SMK Swasta di Cirebon, Jawa Barat, dipecat gara-gara mengkritik Ridwan Kamil di kolom komentar akun Instagram @ridwankamil.

Saat itu, Ridwan Kamil mengunggah video zoom sedang memberikan apresiasi kepada siswa di Tasikmalaya yang patungan untuk membeli sepatu kepada teman sekelasnya pada Selasa, 14 Maret 2023. Kebetulan dalam video tersebut, Ridwan Kamil memakai jas warna kuning.

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???? ("Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur atau kader partai atau pribadi)," tulis Sabil, Rabu 15 Maret 2023.

Komentar Sabil itu lantas dibalas oleh Ridwan Kamil "@sabilfadhillah ceuk maneh kumaha (menurut kamu gimana)?" jawab Ridwan Kamil. Saling komentar ini akhirnya memicu pro kotra netizen hingga viral di media sosial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya