Sabil Buka Suara: Ridwan Kamil DM Sekolah hingga Saya Dipecat

Guru SMK Cirebon Muhamad Sabil Fadilah yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil
Sumber :
  • Azizi Erfan (Cirebon)

VIVA Trending - Guru SMK asal Cirebon Muhamad Sabil Fadilah buka suara usai mendapatkan surat putus kerja dari yayasan tempat ia mengajar. 

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Muhamad Sabil Fadilah mengaku bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan Direct Message (DM) instagram ke akun sekolah SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon.

Dari isi DM-nya terlihat akun Ridwan Kamil mengirimkan screenshoot (tangkap layar) komentar dari Sabil, di unggahan instagram saat melakukan zoom dengan murid SMPN 3 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Setelah mengirimkan bukti komentar Sabil, Ridwan Kamil pun mengirimkan pesan chat yang bertuliskan "Tidak pantas seorang guru spt itu." tulisnya.

Guru SMK Cirebon Muhamad Sabil Fadilah yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil

Photo :
  • Azizi Erfan (Cirebon)
Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Tak lama, pihak sekolah pun menjawab, "Assalamuallikum.. Secara institusi kami menghaturkan permohonan maaf kepada Bapak Gubernur Ridwan Kamil.. Kami akan menindak guru tersebut secara tegas dan terukur.. Terimakasih.." jawabnya.

Selang beberapa jam Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, pun langsung merespons kembali dengan simbol tangan, "???????? Haturnuhun. Sekolahnya jadi kebawa2 oleh netizen," tulisnya.

Pihak sekolah pun kembali menjawab "Nggih bapak, Insya Allah kami jadikan pelajara..." jawabnya.

Semua isi DM tersebut diungkapkan Sabil. Menurutnya akun Ridwan Kamil tersebut men-DM melalui IG ke pihak sekolah ia mengajar.

"Saya dapat informasi RK nge-DM ke akun ig sekolah lembaga saya, akun Ridwan Kamil tersebut mencari tahu perihal lembaga saya dimana gitu, dengan DM kurang lebih mengscreenshoot (tangkap layar) komentar saya, guru itu apa, seperti inikah guru," ungkapnya, Rabu (15/3).

Lanjut Sabil, setelah men-DM, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) miliknya dicabut atas permintaan dari Kepala Sekolah Ponpes Manbaul Ulum.

Guru SMK Cirebon Muhamad Sabil Fadilah yang dipecat gegara kritik Ridwan Kamil

Photo :
  • Azizi Erfan (Cirebon)

"Ternyata Dapodik saya dicabut dari sekolah yang sebelumnya, karena Dapodik itu data registrasi guru saya NUPTK saya minta dicabut, itu permintaan dari kepala sekolah yang sebelumnya, saya mengajar di dua sekolah, yang pertama di Ponpes Manbaul Ulum, yang kedua di SMK Telkom Cirebon," lanjutnya.

Setelah itu, tambah Sabil, ia mendapat telepon dari SMK Telkom Cirebon tentang pemberhentian menjadi guru dan mengeluarkan Dapodik dari SMK Ponpes Manbaul Ulum.

"Yang di DM oleh akunnya Ridwan Kamil ke ig Telkom, ke SMK Telkom Cirebon, terus saya mendapat telepon dari SMK Ponpes meminta maaf dan meminta izin untuk mengeluarkan saya, mengeluarkan Dapodik dari SMK Ponpes Manbaul Ulum," tambahnya.

Sabil menuturkan, perintah pemberhentian tersebut merupakan perintah dari Kantor Cabang Dinas Pedidikan (KCD) 10 Jawa Barat.

"Terus beliau (Kepsek SMK Telkom) menjawab ada perintah dari kantor cabang Disdik (KCD) 10 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, perintahnya untuk mengeluarkan saya," tuturnya.

Alasan pemberhentian tersebut, kata Sabil, ada dua alasan, yang pertama tidak boleh mengajar di dua sekolah.

"Alasannya yang saya terima dari Kepala Sekolah itu adalah biar ga tumpang tindih, padahal kalau guru honorer di swasta itu bebas nyabang dimanapun," katanya, Rabu (15/3). 

Alasan yang kedua, karena komentar di unggahan instagram milik Ridwan Kamil.

"Alasan lainnya karena komentar terhadap postingan Ridwan Kamil," ujarnya.

Saat ini, Sabil telah diberhentikan dan tidak lagi mengajar di sekolah manapun. (Azizi Erfan/tvOne/Cirebon) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya