Selain Ustaz Khalid Basalamah, Ini 5 Pedakwah yang Pernah Ditolak Ceramah

Ustaz Khalid Basalamah (KHB) (YouTube/khalid basalamah official)
Sumber :

VIVA Trending - Baru-baru ini ramai di media sosial mengenai Ustaz Khalid Basalamah ditolak mengadakan pengajian di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung. Hal tersebut pun menjadi viral.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Sebelumnya juga, Ustaz Khalid sudah dijadwalkan untuk menggelar ceramah di Masjid Al Jabbar pada Sabtu mendatang tanggal 18 Maret 2023. Namun karena mendapatkan penolakan dari sebuah organisasi, maka pihak Ustaz Khalid membatalkannya.

Berikut beberapa penceramah yang mendapatkan penolakan yang hendak menggelar pengajian, dilansir berbagai sumber:

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

1. Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah.

Photo :
  • IG Deddy Corbuzier

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Bagi Ustaz Khalid penolakan dalam dakwahnya bukan yang pertama kali. Ia juga pernah mendapatkan menolak mengadakan cerah di berbagai daerah oleh organisasi tertentu. Sementara yang terbaru terjadi di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, padahal dirinya sudah dijadwalkan akan menggelar pengajian pada Sabtu mendatang.

2. Ustaz Firanda Andirja

Ustaz Firanda Andirja Abidin

Photo :
  • VIVA/Supriadi M

Sama halnya Ustaz Khalid, Ustaz Firanda Andirja pernah mendapatkan penolakan pengajian di berbagai tempat. yang terbaru pendakwah kelahiran Papua tersebut mendapatkan penolakan dari sebuah organisasi di Sleman.

Meskipun ia sering mendapatkan penolakan, ia sempat mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah membenci orang yang menolak dakwahnya, malah ia mendoakan semoga Allah memberikan mereka hidayah, itu lah yang selalu diucapkan oleh Ustaz Firanda ketika dirinya mendapatkan penolakan.

3. Ustaz Felix Siauw

Ustaz Felix Siauw di acara talkshow Indonesia Lawyers Club bertajuk “212: Perlukah Reuni?”

Photo :
  • ILC tvOne

Tepatnya pada 2017, Ustaz Felix Siauw sempat mendapatkan penolakan ketika hendak akan mengadakan pengajian di Pasuruan Jawa Timur.

Penolakan tersebut banyak yang mengungkapkan bahwa sosok Felix Siauw diduga merupakan bagian dari HTI dan dianggap akan bisa memecahkan kesatuan NKRI serta selalu mengampanyekan tentang Khilafah.

4. Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad saat berceramah (Foto/YouTube/YudhaWinada)

Photo :
  • U-Report

Ustaz Abdul Somad juga pernah mengalami pengalaman pahit ketika dirinya hendak membuka cerama di Pondok Pesantren Al Husna Mayong, Jepara. Hal tersebut terjadi pada 2018 lalu.

Tidak hanya di Indonesia, Ustadz Abdul Somad pun pernah mendapatkan penolakan untuk ceramah ke Singapura, lantas ia pun langsung di deportasi. Padahal ceramah beliau sangat digemari oleh anak muda maupun orang tua.

5. Ustaz Hanan Attaki

Ustaz Hanan Attaki

Photo :
  • Instagram

Tepatnya pada tahun 2022, Ustaz Hanan Attaki pernah mendapatkan penolakan untuk menggelar pengajian di Gresik. Pasalnya banyak orang yang mengungkapkan bahwa Ustaz Hanan banyak dikaitkan dengan dugaan keterlibatan dengan HTI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya