Heboh Penumpang Bawa 3 Kotak Bika Ambon Kena Denda 2 Juta di Bandara Kualanamu

Pesawat maskapai Citilink (foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVAnews / Dwi Royanto

VIVA Trending – Heboh di media sosial sebuah video yang memperlihatkan percekcokan antara perempuan dengan petugas Bandara Kualanamu. Video adu mulut antara penumpang pesawat dan petugas Bandara Kualanmu tersebut di unggah oleh pemilik akun TikTok @naomipardosi246 dan viral di jagad maya.

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

Rupanya cekcok tersebut dipicu lantaran si wanita membawa 3 dus oleh-oleh bika ambon. Oleh sebab itu, petugas memberi denda kepada penumpang sebesar Rp2 juta.

Dalam unggahan tersebut, terlihat wanita yang merekam insiden itu marah-marah lantaran petugas bandara bersikukuh memintanya untuk membayar denda Rp 2 juta. 

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Heboh Penumpang Bawa 3 Kotak Bika Ambon Kena Denda 2 Juta di Bandara Kualanamu

Photo :
  • TikTok

Saya beli oleh-oleh masa suruh bayar Rp 2 juta. Kamu meras ya? Kamu meras saya ya?” kata wanita itu.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Wanita tersebut mengaku bahwa mereka naik pesawat bertiga, sehingga alasan kelebihan muatan oleh-oleh tersebut menurutnya tak masuk akal. Berbicara dengan lantang si penumpang tersebut, petugas pun memperingatkan wanita itu untuk menjaga ucapannya agar tak malu nantinya. 

Berbicara hati-hati, jangan sampai nantinya ibu mempermalukan diri sendiri,” ungkap salah satu petugas Bandara Kualanamu. 

Setelah duel tersebut selama beberapa waktu dengan para petugas bandara, akhirnya wanita itu dan suaminya memilih mengalah dan menyuruh salah satu anggota keluarganya untuk menjemput bika ambon yang mereka bawa.

Aturan bagasi

Ilustrasi Naik Pesawat

Photo :
  • unsplash.com

Setiap maskapai, memiliki aturan sendiri bagi penumpang yang membawa barang bawaannya di bagasi. Seperti halnya di Garuda Indonesia, memberikan bagasi gratis sebesar 40 kg kepada setiap penumpang first class baik dewasa, anak-anak, maupun bayi dengan kursi untuk penerbangan domestik. Sementara, penumpang business class mendapatkan kuota bagasi gratis sebesar 30 kg, dan penumpang ekonomi sebesar 20 kg.

Untuk penerbangan internasional, setiap penumpang first class mendapatkan kuota bagasi gratis sebesar 50 kg. Untuk kelas bisnis Garuda Indonesia memberikan bagasi gratis sebesar 40 kg dan 30 kg untuk kelas ekonomi.

Ukuran maksimum bagasi kabin Garuda Indonesia sendiri adalah barang dengan panjang 56 cm, lebar 36 cm dan tebal 23 cm. Namun, jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm dan berat maksimal 7 kg.

Sementara maskapai Citilink Indonesia, penumpang akan mendapatkan kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk penerbangan domestik. Sementara buat rute internasional dan pesawat ATR72-600, mendapatkan kuota 10 kilogram.

Selain itu, penumpang juga boleh membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kilogram. Namun khusus buat armada airbus A320, barangnya harus berukuran maksimal 56 cm x 36 cm x 23 cm. Dan armada ATR72-600, ukuran maksimlanya 41 cm x 36 cm x 23 cm.

Untuk pesawat Lion Air menyediakan kuota bagasi gratis sebesar 20 kg bagi para penumpang kelas ekonomi untuk penerbangan domestik. Berat maksimal bagasi kabin adalah 7 kg pada semua penerbangan Lion Air Group. 

Untuk bagasi kabin, penumpang diperkenankan membawa bagasi dengan ketentuan ukuran dan berat maksimal 7 kg. Selain itu, penumpang diperbolehkan membawa barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, kamera, hingga perlengkapan bayi.

Sementara pesawat AirAsia memberikan kuota bagasi gratis seberat 20 kg untuk penerbangan domestik. Aturan bagasi kabin masih tetap sama, di mana penumpang masih diperbolehkan membawa dua bagasi kabin secara gratis dengan berat gabungan maksimal 7 kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya