Reaksi Luhut Binsar Pandjaitan Digoda Prabowo Subianto: Bowo Kamu Jangan Macam-macam Bowo

Momen keakraban Luhut Binsar Pandjaitan dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Momen keakraban Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto viral di media sosial Selasa, 21 Maret 2023.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Dalam video yang dibagikan pertama kali akun TikTok @tumgrd terlihat Prabowo sedang berdiri di hadapan Luhut yang sedang duduk di sebuah sofa. Kemudian Prabowo pun menggoda Luhut dengan sikap hormat.

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan ia tak akan berhenti sampai dipersilahkan untuk duduk oleh Luhut. Sontak Luhut pun tertawa geli sambil mengatakan agar Prabowo tidak berlaku macam-macam.

“Bowo kau jangan macam-macam Bowo,” ujar Luhut dikutip VIVA Selasa.

Bertemu Prabowo, Gibran Ngaku Bahas Peluang Koalisi dengan PDIP

Prabowo yang tetap kekeh dengan perkataannya di awal pun kembali menegaskan bahwa ia tidak akan duduk sebelum mendapat perintah dari seniornya itu.

Diketahui Luhut sempat menjadi komandan Prabowo di Detasemen 81, atau yang dikenal sebagai juga Sat-81/Gultor (Penanggulangan Teror). Saat itu Luhut berpangkat Mayor TNI sedangkan Prabowo berpangkat Kapten TNI.

"Kalau abang tidak izinkan saya duduk, saya enggak duduk," jawab Prabowo dengan suara lantang.

Mendengar perkataan Prabowo, Luhut terlihat tersenyum tipis. Dia lantas memerintahkan Prabowo untuk duduk. Barulah setelah instruksi tersebut dikatakan Luhut, Prabowo langsung duduk di sofa. Kemudian keduanya terlihat berbincang.

“Duduk diberi,” kata luhut sambil tertawa

Mengutip VIVA Militer, kedua pensiunan Jenderal TNI ini semasa mudanya memang sangat akrab, sebelum ditunjuk jadi pimpinan tinggi di Detasemen 81, keduanya sempat diberangkatkan ke Jerman untuk menimba ilmu penanggulangan teror.

Di sana lah Luhut dan Prabowo mendapatkan materi soal penumpasan teroris dari Grenzschutzgruppe-9 (GSG-9), sebuah unit taktis operasi khusus anti-terorisme elite dari Kepolisian Federal Jerman (BPOL).

Sri Mulyani, Prabowo Subianto, Pramono Anung dan Luhut

Photo :
  • Instagram @smindrawati

Tak main-main, pendidikan berat pun harus dilalui Luhut dan Prabowo bersama GSG-9. Menurut data yang dikutip dari situs resmi Kepolisian Federal Jerman, Bundespolizei.de, pendidikan penanggulangan teror dari GSG-9 harus ditempuh selama 4,5 bulan.

Sebelum itu, setiap siswa terlebih dulu harus mengikuti Tes Cooper, untuk bisa lolos dan diterima untuk mengikuti pendidikan dasar. Tes Cooper meliputi lari sprint 100 meter, lompat jauh, pull-up minimal 10 kali, angkat besi minimal 10 kali pengulangan 75 persen berat badan, lari halang rintang, tes kelincahan, dan tes resistensi vertigo.

Selama latihan dasar, Luhut dan Prabowo mendapatkan materi keahlian menembak, pelatihan taktis, pertempuran jarak dekat, navigasi darat, pendakian, pelatihan rappelling dan medis. Pada pekan terakhir, akan ada ujian berat di mana Luhut dan Prabowo harus mampu menunjukkan seluruh keterampilannya dalam pertempuran.

Menhan Prabowo Subianto menemui Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya