Waspada! Modus Penipuan Baru Ganti Barcode QRIS Kotak Amal Masjid di Jaksel

Tampang pria yang mengganti barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M Square
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Seorang pria terekam kamera CCTV mengganti barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan pada Kamis, 6 April 2023 pukul 10.37 WIB.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

Melalui video yang dibagikan akun Instagram @redasamudera.id (Redar Samudera) terlihat pria tersebut berperawakan gempal dengan rambut cepak, menggunakan kacamata, kemeja navy lengan panjang dan celana denim.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Sambil memantau situasi sekitar, pria tersebut menempelkan stiker QRIS miliknya ke beberapa kotak amal yang berjejer di halaman masjid.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

“Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7” tulis keterangan video dikutip VIVA, Minggu, 9 April 2023

Dalam unggahan itu, Redar juga memperlihatkan QRIS palsu yang dibawa pria tersebut bertuliskan “RESTORASI MASJID” sementara QRIS asli milik masjid bertuliskan “MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE”.

Melalui Instagram Story, Redar Samudera menyampaikan bahwa aksi serupa diduga juga dilakukan pria tersebut di Masjid Nurullah Kalibata City, hal itu diketahui setelah DKM melakukan pengecekan CCTV pada hari yang sama.

“Pelaku pindah ke Masjid Nurullah Kalibata City. Nempelin juga QRIS,” tulis Redar

Sementara sejak artikel ini dibuat belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait informasi penggantian QRIS kotak amal masjid tersebut. Diduga pelaku telah melancarkan aksinya di masjid-masjid yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Berdasarkan pengakuan warganet, QRIS serupa bertuliskan RESTORASI MASJID tersebut juga pernah ia temui di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Warganet tersebut pun lantas membuktikan pernyataannya dengan tangkap layar.

“Akhi, stikernya ada di Masjid Al Azhar yang mengatasnamakan RESTORASI MASJID. Qadarullah ana pernah kirim QRIS ke situ,” ungkap salah seorang warganet

Informasi dihimpun, pelaku diduga pria berinisial IML yang beralamat di Desa Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Medan, Sumatera Utara.

“Orang medan, kebetulan ana ditipu perumahan syariah yang beliau buat,” komentar salah seorang warganet – “Assalamualaikum Kang, soal video itu nama pelakunya (IML) makhluk itu memang lagi spooring, banyak sudah korbannya di Medan,” tulis warganet – “Ditunggu updatenya akhi. Kami yang di Medan lelah mencari orang ini,” kata warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya