Lagu Sunda Bangbung Hideung Disebut Nyanyian Mistis, Pakar Budaya: Itu Lagu Cinta

Aulia Sarah dalam Film KKN di Desa Penari
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram.com/@owliasarah

VIVA Trending – Belakangan media sosial dihebohkan dengan lagu berbahasa Sunda berjudul Bangbung Hideung yang disebut sebagai nyanyian mistis. Hal ini bermula ketika YouTuber Nadia Omara membahas soal lagu mistis dalam kontennya yang diunggah Minggu, 9 April 2023.

Kontroversi Hasyakyla Kakak Adhisty Zara Dari Perseteruan dengan Adik hingga ngaku Nyetir Saat Mabuk

Melalui konten tersebut Nadia bercerita kisah seorang wanita yang diminta untuk menyanyikan lagu Sunda. Di tengah bernyanyi, wanita itu diperlihatkan sosok penari Jaipong astral yang menyebabkan seluruh penonton kesurupan.

Penari Bedhaya Ketawang

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq/ Solo
Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

"Semua warga Jabar melarang aku dengar lagu itu. Katanya lagu tersebut bisa buat orang kesurupan, mual-mual, dan nggak enak badan. Lagu terkenal mistis di kalangan warga Sunda," ujar Nadia, dikutip Selasa, 11 April 2023

Warganet yang penasaran pun lantas membagikan video Nadia tersebut ke twitter, melalui akun @tanyarlfes, dia bertanya apakah benar lagu yang dimaksud Nadia itu tidak boleh diputar. “Habis liat ini (konten Nadia) jadi penasaran emang beneran se nggak boleh itu kah lagu yang disebutin kak Nadia diputer?? buat warga Jabar boleh jawab pengen tau soalnya,” tulis warganet

Ria Ricis Jadi Sasaran Netizen Setelah Film Kiblat Diprotes

Merespons tweet tersebut, tak sedikit warganet yang membalas bahwa lagu yang dimaksud Nadia adalah Bangbung Hideung. "Paling juga, Bangbung Hideung yang terkenal berhubungan sama "mereka" mah," ungkap warganet – “Bangbung Hideung emang bikin merinding si," balas yang lain

Sementara, sejak artikel ini dibuat, tweet tersebut telah menjangkau lebih dari 2,9 juta akun, disukai 26,9 ribu, dan dipenuhi ribuan komentar warganet. Lantas bagaimana tanggapan ahli tentang lagu tersebut?

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda, Universitas Padjadjaran, Teddi Muhtadin mengatakan bahwa lagu Bangbung Hideung merupakan lagu bermakna cinta.

Dia mengungkap lagu ini menceritakan kisah seseorang yang sedang dimabuk cinta, sehingga orang itu tidak peduli dengan kondisi dirinya. Lagu tersebut, kata dia, menggambarkan suasana patah hati ketika cinta bertepuk sebelah tangan.

"Jadi, dalam lirik tersebut mengalami semacam kerinduan yang luar biasa dan mencapai tahap mabuk cinta. Dari liriknya, tampaknya tidak ada yang mistis," ujarn Teddi saat dikonfirmasi awak media, Selasa, 11 April 2023

Meski demikian, dia mengakui bahwa lagu Bangbung Hideung sangat sulit dimengerti, pasalnya dalam liriknya terdapat banyak diksi Bahasa Sunda kuno yang kini tak lazim lagi digunakan.

Teddi mengungkap, kata Bangbung Hideung memiliki arti kumbang hitam dalam Bahasa Sunda, di masyarakat Jawa Barat, hewan tersebut kerap dijadikan media ilmu hitam, seperti sihir atau santet. 

Kendati demikian, ia mengakui lagu ini terkesan mistis lantaran didukung oleh banyak unsur seperti suara penyanyi yang melengking dan musik yang berirama sehingga membuat lirik lagu menjadi sangat kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya