Heboh Sayap Pesawat Ditambal Lakban Panci, Amankah untuk Terbang?

Sayap pesawat penuh tambalan
Sumber :
  • Twitter

VIVA Trending – Sebuah foto sayap pesawat ditempelkan perekat mirip lakban panci dengan lapisan alumunium foil ramai jadi perbincangan di media sosial twitter baru-baru ini.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Hal tersebut rami setelah diunggah oleh pemilik akun @Leonita_Lestari Sabtu, 8 April 2023., Dalam caption unggahan pemilik akun mengaku kaget mengetahui sayap pesawat penuh dengan tambalan.

“Gw pikir cuma genteng di rumah doang yang ditambal, ini sayap pesawat,” cuit akun itu dikutip Rabu, 12 April 2023

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Dalam foto tersebut terlihat sebuah pesawat sedang mengudara, namun pada bagian sayapnya terdapat banyak pelekat menyerupai lakban panci berwarna perak.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Sontak unggahan tersebut pun ramai jadi perhatian warganet. Sejak artikel ini dibuat, twit itu telah menjangkau lebih dari 525 ribu akun, disukai 2.274, dan dibagikan 321 kali. Lantas, jika benar seperti itu, amankah pesawat untuk terbang?

Saat dikonfirmasi, Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Tatacipta Dirgantara mengatakan bahwa penempelan lakban pada sayap pesawat dilakukan bukan tanpa alasan.

Menurutnya hal itu dilakukan untuk melindungi pesawat tersebut agar pesawat tetap aman dan tidak mengalami gangguan saat terbang.

"Intinya itu untuk memuluskan aliran udara dan supaya cacat-cacatnya tidak meluas," kata dia kepada awak media, Rabu 12 April 2023

Prof Dirgantara menjelaskan, cacat yang dimaksudnya tadi bukan berarti adanya kerusakan fatal atau patah di bagian sayap pesawat, melainkan kerusakan-kerusakan kecil yang mempengaruhi keindahan pesawat. “Misalnya cat pesawat yang terkelupas,” ungkapnya

Adapun perekat yang digunakan tersebut tidak bisa sembarang, pesawat menggunakan selotip khusus bernama speed tape. Ia menjelaskan pemasangan speed tape ini digunakan maskapai penerbangan selama jangka waktu tertentu hingga bisa melakukan perbaikan besar.

"Pemeriksaan dan perbaikan pesawat itu ada jenis-jenisnya. Kalau yang pakai tape itu perawatan oleh maskapai sebelum perbaikan besar berkala," jelasnya

Ilustrasi pesawat dalam kondisi darurat

Photo :
  • Science ABC
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya