Viral Tradisi Warga Mamuju Pasang Lilin di Kuburan Jelang Lebaran

Tradisi pasang lilin di kompleks pemakaman di Mamuju, Sulawesi Barat
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Video komplek pemakaman dipenuhi nyala lilin viral di media sosial. Diketahui hal tersebut adalah tradisi yang rutin dilakukan warga Bulutakkang, Kelurahan Rangas, Simboro, Mamuju, Sulawesi Barat ketika memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Melalui video yang dibagikan akun Instagram @fakta.indo terlihat ratusan lilin menyala di atas kuburan. Diduga hampir seluruh kuburan di kompleks pemakaman tersebut dipasang lilin oleh warga.

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Terlihat warga memasang lebih dari satu lilin di atas kuburan keluarga masing-masin saat melakukan ziarah kubur. Sehingga kompleks pemakaman itu terlihat bercahaya oranye terang di tengah kondisinya yang gelap gulita.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

“Warga di Lingkungan Bulutakkang, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju Sulbar menyalakan ratusan lilin di pekuburan umum yang dilakukan setiap tahunnya menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dan sebelum lebaran,” tulis keterangan video, dikutip Jumat, 21 April 2023.

Sementara, sejak artikel ini dibuat video berdurasi 10 detik itu telah disaksikan lebih dari 609 ribu, disukai 30,5 ribu dan dipenuhi ribuan komentar dari warganet.

Saat dikonfirmasi, Sudirman selaku Kepala Lingkungan Bulutakkang mengatakan bahwa ini merupakan sebuah tradisi yang sudah lama dilakukan warga saat memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Bahkan, kata dia, warga sudah mulai memasang lilin di atas makam keluarga sejak Rabu, 19 April 2023 kemarin. Menurutnya tradisi menyalakan lilin saat ziarah kubur di wilayahnya sudah berlangsung sejak lama.

Adapun dahulu, lanjut Sudirman, warga tidak menggunakan lilin, melainkan pelita yang terbuat dari botol berukuran sedang atau obor yang terbuat dari bambu.

“Ini sudah turun temurun dilakukan, dulu belum pakai lilin, masih pelita sama obor,” ujar Sudirman kepada wartawan, Jumat, 21 April 2023.

Kendati demikian, dia tidak mengetahui pasti makna di balik tradisi peletakan lilin di atas makam tersebut. “Kalau maknanya itu saya tidak tahu. Ada ustad di sini itu yang tahu," jelasnya.

Adapun warga yang ditemui di pemakaman tersebut bernama Kandam mengatakan penyalaan lilin ini dilakukan sebagai isyarat bahwa keluarga tidak pernah melupakan dan selalu mendoakan mereka yang sudah meninggal dunia.

“Lilin ini dinyalakan sebagai isyarat bahwa keluarga yang masih hidup tidak pernah melupakan dan selalu mendoakan mereka yang telah terlebih dahulu menghadap Allah SWT," ujar Kandam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya