Warga Jakarta Ngeluh Orang Jawa Tak Kunjung Balik ke Perantauan: Saya Harap Kalian Cepat Kembali

Ilustrasi etalase warung tegal atau Warteg.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA Trending – Menjelang hari raya Idul Fitri, para perantau melaksanakan tradisi mudik ke kampung halaman setelah bekerja di perantuan selama berbulan-bulan. 

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan di Kota Batu Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Tidak hanya para pekerja, para pedagang juga ingin mudik agar bisa berkumpul dengan keluarganya di kampung. Hal yang paling miris bagi perantau yang tidak mudik dan warga sekitar adalah warteg-warteg mulai tutup menjelang Idul Fitri sampai waktu operasional kantor mulai buka.

Nampaknya para perantau yang membuka warung makan di Jakarta sangat berpengaruh dengan kehidupan orang-orang Jakarta dan juga para perantau yang tidak mudik.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Dalam unggahan akun TikTok @imong83, mengaku kelaparan karena tidak ada warteg yang buka sampai saat ini. Ia berharap orang Jawa yang membuka usaha warteg segera balik ke perantauan.

Warga Jakarta Ngeluh Orang Jawa Tak Kunjung Balik ke Perantauan

Photo :
  • TikTok @imong83
Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Dear orang Jawa, saya harap kalian cepat kembali ke Jakarta. Karena di sini kami kelaparan tanpa kalian. Terima kasih,” ungkap akun tersebut, dikutip VIVA Jumat, 28 April 2023.

Ungkapan itu rasanya juga dirasakan warganet lain karena warteg tutup sementara waktu menjelang Idul Fitri hingga waktu operasional kerja mulai aktif.

Warga Jakarta Ngeluh Orang Jawa Tak Kunjung Balik ke Perantauan

Photo :
  • TikTok @imong83

Bner anjir , gua yg biasa sehari mkan 3 kali gagara warung makan pada tutup , jadi harus gofood, nama ongkirnya mahal,” tandas warganet.
Selepas lebaran gua 3 hari gamakan nasi cuy org jawa org padang yg jualan nasi libur semua,” tambah warganet yang lain.
wkwkwk sama bgt, masih pada tutup semua euy,” tambah yang lain.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan jadwal cuti bersama untuk merayakan hari lebaran pada 19-25 April 2023. Libur cuti bersama ini dimajukan 2 hari yang sebelumnya 21-26 April 2023.

Meski begitu, nampaknya beberapa perantau mengambil cuti libur dan masih menikmati liburan di kampung halaman. 

Pasalnya, tanggal 1 Mei 2023 adalah tanggal merah karena memperingati hari buruh. Oleh sebab itu, diantara perantau mengambil cuti agar bisa libur lebih panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya