Viral Wujud Pohon Zaqqum Makanan Penghuni Neraka Kelak, Benarkah?

Tanaman yang disebut Pohon Zaqqum oleh warganet
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Pohon Zaqqum diyakini oleh umat Muslim sebagai makanan yang dihidangkan untuk penghuni neraka kelak. Dalam Alquran surat Ash-Shaffat ayat 62 sampai 67, pohon ini digambarkan tumbuh di dasar neraka Jahim.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

“Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala setan-setan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu”.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Adapun kini media sosial dihebohkan dengan beredarnya video pohon berduri yang tumbuh di pemukiman penduduk. Perekam video mengatakan bahwa itu adalah pohon Zaqqum yang disebut dalam surat-surat di Alquran.

“Ini adalah pohon Zaqqum yang disebut dalam Ash-Shaffat ayat 62 sampai 67, ad-Dukhan, al-Waqiah juga, masyaallah tuh,” ujar perekam video dikutip dari TikTok @jannahfirdaustravel Jumat, 28 April 2023.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Terlihat penampakan pohon itu cukup mengerikan dengan dipenuhi duri-duri tajam. Perekam video menyebut pohon itu adalah makanan yang kelak akan diberikan kepada penghuni neraka. “Ini pohon neraka, jadi penghuni neraka diberi makannya ini, (durinya) tajam-tajam kan,” demikian

Sementara saat dikonfirmasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih belum merespons terkait beredarnya video tersebut. Adapun, saat artikel ini dibuat, video telah disaksikan lebih dari 5,6 juta kali, disukai 444,4 ribu dan dipenuhi 4184 komentar.

Mengutip beberapa sumber, Roidah Bakri dalam bukunya yang berjudul Neraka: Gambaran Neraka menurut Al-Qur'an dan Hadits menjelaskan bahwa Zaqqum ini apabila diletakkan di dunia, maka bisa menghancurkan bumi beserta isinya.

Dalam sebuah hadits disebutkan, "Seandainya sepotong (setitik) buah zaqqum itu dijatuhkan ke laut dunia, niscaya akan merusak kehidupan manusia." (HR Tirmidzi)

Ketika dimakan rasanya akan seperti logam kuningan yang dicairkan, bahkan lebih buruk. Buah tersebut akan membakar wajah beserta organ dalam tubuh manusia. Kendati demikian, kondisi penghuni neraka yang selalu kelaparan membuat mereka terpaksa memakan buah ini.

Tanaman yang disebut Pohon Zaqqum oleh warganet

Photo :
  • TikTok
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya