Viral Mobil Terjebak di Jembatan Sempit Gara-gara Google Maps 

Mobil terjebak di Jembatan Pelor, Oro-oro Dowo, Kota Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial/Uki Rama/Malang

VIVA Trending - Viral di media sosial sebuah mobil berpelat nomor luar Kota Malang tersesat di jembatan kecil karena Google Maps. Mobil berpelat nomor L asal Surabaya itu terjebak di Jembatan Pelor, Oro-oro Dowo, Kota Malang, Jawa Timur.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Insiden ini viral di media sosial Facebook, Instagram hingga Tiktok. Mobil Honda Jazz RS dengan nomor polisi L 1953 LU berwarna silver metalik ini terjebak di jembatan yang sejatinya hanya khusus pemotor dan pejalan kaki saja. 

Dalam video yang diunggah pada Minggu, 30 April 2023 itu terlihat beberapa warga setempat dan pengguna jalan lainnya ikut membantu proses evakuasi. Warga memberi abah-abah agar mobil mundur dan keluar dari jembatan yang hanya berkuran kurang lebih 2,5 meter ini. 

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Mobil terjebak di Jembatan Pelor, Oro-oro Dowo, Kota Malang, Jawa Timur.

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial/Uki Rama/Malang

Salah satu pengguna jalan yang kerap melintas di Jembatan Pelor adalah Kukuh Kurniawan. Dia mengaku beberapa kali melihat mobil terjebak di Jembatan Pelor ini. Rata-rata peristiwa itu terjadi saat musim liburan. Diduga para penggendara mobil itu adalah warga luar kota yang tidak paham kondisi jalan di sekitar Oro-oro Dowo. 

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

"Biasanya itu pengendara seperti pelat L dari Surabaya, pelat W dari Sidoarjo yang tidak memahami jalan di Kota Malang. Sering saya lihat di medsos akhirnya mereka mundur karena memang jembatan ini tidak untuk mobil. Sepertinya lihat google maps," kata Kurniawan, Senin, 1 Mei 2023.

Kurniawan menuturkan, bahwa warga setempat sebenarnya sudah memberikan peringatan melalui banner atau spanduk. Namun, mungkin karena ketidaktelitian, penggendara mobil langsung saja mencoba menerobos jembatan untuk mencari jalan alternatif. 

"Waktu itu sudah ada seperti banner yang tulisannya, jalan ini hanya bisa dilewati sepeda motor saja. Terus saya pernah lihat waktu ada mobil mau lewat sini, warga mengingatkan untuk kembali. Diminta mundur karena bukan jalur mobil," ujar Kurniawan. 

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Malang Kota, Komisaris Polisi Akhmad Fani Rakhim mengungkapkan, sebagai antisipasi kejadian serupa dia akan memasang rambu untuk pengendara roda empat. Rambu-rambu ini akan dipasang di persimpangan sebelum Jembatan Pelor.

"Nanti akan dipasang rambu di sekitar lokasi. Dengan berkoordinasi bersama warga sekitar, ditempatkan yang sekiranya pengendara roda empat tidak sampai masuk ke jembatan tersebut," tutur Fani. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya