Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Detik-detik Kapal KMP Royce 1 terbakar
Sumber :
  • TikTok @mychilifood

VIVA Trending – Kapal KMP Royce 1 keberangkatan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni terbakar di lintasan Selat Sunda pada Sabtu sore, 6 Mei 2023. Kebakaran di kapal terjadi sekitar pukul 15.05 WIB. Asap hitam menggumpal keluar dari bagian parkir kendaraan di kapal feri KMP Royce 1 yang membawa ratusan penumpang tersebut. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Detik-detik terbakarnya kapal KMP Royce 1 tersebut terekam oleh salah seorang penumpang yang kemudian diunggah oleh akun @mychilifood di TikTok. Dalam video tersebut tampak para penumpang yang sudah mengenakan pelampung dan menunggu dievakuasi. 

Proses evakuasi penumpang kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak

Photo :
  • Ist
Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Terdengar pula doa-doa penumpang yang memohon agar mereka semua dilindungi dan dapat selamat dari peristiwa kebakaran kapal yang terjadi. Bahkan terdengar suara tangisan balita di tengah-tengah kejadian memilukan tersebut. 

“Lailahaillallah muhammadarrasulullah ya Allah lindungilah kami semua ya Allah. Lindungilah kami semua ya Allah,” doa dari penumpang yang merekam detik-detik kapal terbakar, dikutip pada Minggu, 7 Mei 2023. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Dalam video juga terlihat asap hitam yang sudah mengepul keluar dari area parkir kendaraan. Bahkan kendaraan motor disebut sang penumpang sudah habis terpanggang oleh api yang membakarnya. 

“Asepnya ngebul. Kapal kebakar ya Allah kasian,” kata penumpang tersebut. 

“Motor udah kepanggang, motor kepanggang ya Allah,” sambungnya. 

Setelah itu, diperlihatkan balita yang menangis saat hendak dipakaikan pelampung oleh orang tuanya. Penumpang yang merekam video pun kembali meminta lindungan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan. 

“Lindungilah kami semua ya Allah, asap sudah menggumpal ya Allah,” ucapnya. 

Detik-detik Kapal KMP Royce 1 terbakar

Photo :
  • TikTok @mychilifood

Sementara itu, seluruh penumpang KMP Royce 1 diketahui selamat dan berhasil dievakuasi ke Dermaga 1 Pelabuhan Merak. Ha itu berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Basarnas Banten. 

Tenaga medis juga didatangkan untuk memeriksa kondisi penumpang, sejumlah ambulans juga disiagakan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Penumpang dievakuasi menggunakan kapal Basarnas, Polairud, hingga TNI AL Banten.

Kapal KMP Royce 1 dilaporkan membawa sebanyak 140 penumpang yang terdiri dari 115 laki-laki dan 25 perempuan. Diantara para penumpang tersebut, terdapat enam orang anak-anak. Sedangkan muatan kendaraan berjumlah 79 unit dari berbagai jenis. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya