Pengadilan Agama Cibinong Diserbu Warga yang Mau Urus Cerai, Saking Ramainya Kayak Mau Antre Sembako

Antrean panjang warga ingin mengurus perceraian di Pengadilan Agama Cibinong
Sumber :
  • TikTok

VIVA Trending – Beredar video antrean panjang terjadi di Pengadilan Agama Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 10 Mei 2023. Dinarasikan antrean yang mengular itu dipenuhi warga yang ingin mengurus perceraian.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

“Dunia sedang tidak baik-baik saja. Habis lebaran gugatan cerai meningkat. Mau sidang antrinya udah kayak antri sembako,” tulis keterangan video dikutip Jumat, 12 Mei 2023.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Dalam video yang beredar, tampak antrean mengular dari pintu masuk gedung hingga ke depan pagar Pengadilan Agama Cibinong. Antrean didominasi oleh perempuan dan hanya beberapa orang laki-laki yang ada di lokasi.

Masyarakat yang ikut dalam antrean itu masing-masing terlihat menenteng sebuah dokumen dan map berwarna terang. Kemudian di depan pintu terlihat seorang petugas sedang mengecek berkas yang dibawa untuk selanjutnya mempersilahkan masuk satu-persatu.

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Sementara, sejak artikel ini dibuat video itu telah viral atau menyebar luas di media sosial dan dibagikan ulang oleh beberapa akun di Instagram, Twitter dan TikTok.

Saat dikonfimasi, pihak Pengadilan Agama (PA) Cibinong yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa benar video yang beredar berlokasi di PA Cibinong. Menurutnya tidak semua masyarakat yang datang bertujuan untuk mengurus perceraian.

“Benar tempat tersebut di PA Cibinong, akan tetapi yang datang ke PA Cibinong tidak semua untuk sidang perceraian,” ujar perwakilan PA Cibinong kepada VIVA, Jumat 12 Mei 2023.

Dia menyampaikan pada tanggal 10 Mei 2023, beberapa warga yang datang ke PA Cibinong memiliki tujuan berbeda-beda, seperti pendaftaran perkara, pengambilan akta cerai, pembuatan surat gugatan atau permohonan di Pos Bantuan Hukum (Posbakum), legalisir akta cerai, serta persidangan.

Selain itu, kata dia, perkara yang diajukan warga tidak hanya perceraian, akan tetapi ada perkara isbat nikah, perwalian anak hingga penetapan ahli waris. Adapun pada bulan Mei 2023 ini, dia menyampaikan bahwa PA Cibinong telah menerima 409 perkara perceraian.

“Untuk perkara perceraian yang masuk di bulan Mei 2023 ada 409 perkara,” ungkapnya

Antrean panjang warga ingin mengurus perceraian di Pengadilan Agama Cibinong

Photo :
  • TikTok
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya