UAS Turut Berkomentar, Ini 5 Kontroversi Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al Zaytun

Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

VIVA Trending - Baru-baru ini pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang tengah hangat menjadi perbincangan setelah melakukan beberapa kontroversial hingga viral di media sosial.

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Bahkan Ustaz Abdul Somad turun berkomentar atas beberapa kebijakan kontroversial yang dilakukan oleh Panji Gumilang sebagai pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun. Bahkan baru-baru ini, ia berencana untuk mendirikan sekolah Kristen dan Gereja di Ponpes AL Zaytun.

Berikut beberapa kontroversi Panji Gumilang pendiri Ponpes AL Zaytun, dilansir berbagai sumber sebagai berikut:

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

1. Sholat Id Antara Laki-laki dan Perempuan Dicampur

Video viral Salat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun Campurkan Jamaah Pria dan Wanita

Photo :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

Sebelumnya viral di media sosial yang memperlihatkan Sholat Id antara shaf jamaah laki-laki dan perempuan disatukan. Hal tersebut terjadi di Ponpes AL Zaytun. Dalam perayaan Sholat Id, dimana Panji Gumilang bertindak sebagai penceramah.

"Kegiatan perayaan Id Al Fithri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-Zaytun-Indonesia," demikian keterangan caption tersebut dikutip dari akun Instagram @unikinfo_id yang membagikan peristiwa ini.

2. Salam Yahudi

Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita

Photo :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Beredar video yang memperlihatkan pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang mengenalkan ucapan 'Salam Yahudi' hal tersebut menjadi viral di media sosial. Dalan videonya pun mengajak santri dan tamu undangan untuk mengucapkan salah untuk umat Kristen.

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ujar Panji Gumilang dilansir akun @say.kocak.

3. Dugaan Pelecehan

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Pada tahun 2018, Pendiri Ponpes AL Zaytun Panji Gumilang sempat melakukan dugaan pelecehan seksual terhadap mantan pegawainya yang berinisial K. Akan tetapi korban baru melapor kejadian tersebut pada tahun 2021.

Bahkan saat korban berobat ke rumah sakit, K selalu mendapatkan pengawalan dari petugas Ponpes AL Zaytun. Laporan dugaan pelecehan seksual telah masuk ke Polda Jabar dengan nomor laporan LP/B/212/II/2021. Seperti berita viva sebelumnya.

4. Ustaz Abdul Somad Turut Berkomentar

Ustadz Abdul Somad

Photo :
  • Twitter @MCAOps

Butut dari viralnya video ketika pendiri Ponpes AL Zaytun, Panji Gumilang yang mengajak santinya untuk mengikut 'Salam Yahudi'. Atas kejadian tersebut membuat Ustaz Abdul Somad turun berkomentar.

"Itu salam yahudi bodoh, Kita ini ahlussunnah wal jamaah, sudah lebih setengah abad, bahkan hampir satu abad kenapa masih saja ada orang yang tak tahu kemana memasukkan anaknya," ungkap Ustaz Abdu Somad dilansir @sahabatuaschannel.

Selain itu juga, UAS memaparkan lebih lanjut bahwa orang itu harus ditangkap. Dia (Panji Gumilang) merupakan orang sesat, dan jangan masuk anak ke sekolah aliran sesat.

5. Sempat Berencana Bangun Ponpes Kristen

Panji Gumilang ke Mabes Polri

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Pandi Gumilang sempat berencana membangun pesantren Kristen dan gereja di lingkungan Ponpes AL Zaytun. Hal ini disampaikan langsung oleh sahabatnya bernama Robin Simanullang.

"Saya bilang kalau ada santri Kristen di sini (Al-Zaytun) akan kita didik menjadi Kristen yang baik, dan kalau memang sudah ada santri Kristen di sini, akan kita bangunkan juga gereja kecil di sini," kata Robin mengulang ucapan Panji Gumilang dikutip YouTube ENN Indonesia, Jumat 19 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya