Arti Kata 'Cawe-cawe' yang Diucapkan Jokowi Jelang Pilpres 2024

Presiden Jokowi di Acara Puncak Musra Indonesia
Sumber :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Trending – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan ingin cawe-cawe pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan mengklaim hal ini dilakukan demi kepentingan bangsa dan negara.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Pernyataan Jokowi itu disampaikan saat bertemu para pemimpin redaksi (Pemred) media massa dan juga penggiat media di Istana Merdeka Jakarta Senin, 29 Mei 2023.

Presiden Jokowi di Acara Puncak Musra Relawan

Photo :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Istilah cawe-cawe itu disampaikan Jokowi ketika Pemred bertanya soal sosok calon presiden (capres) dan wakil calon presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pernyataan Jokowi itu lantas menuai beragam reaksi dari berbagai kalangan, ada yang pro ada pula yang kontra dengan hal tersebut.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Lantas, apa yang dimaksud dengan istilah cawe-cawe?

Arti kata cawe-cawe

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan bahwa cawe-cawe merupakan kosakata Bahasa Jawa yang memiliki arti ikut campur. Pacul mengatakan, cawe-cawe bisa dimaknai positif bila dilandasi adab dan kesantunan.

Adapun dia meyakini cawe-cawe yang dinarasikan Presiden Jokowi tak akan mengintervensi hasil Pemilu 2024. Dia juga meyakini Jokowi tahu batas-batasnya sehingga tidak akan memengaruhi proses pemilu.

Dia yakin Jokowi tidak akan cawe-cawe dalam penetapan pasangan capres-cawapres yang diusung partai-partai. Sebab, kata dia, hal itu bukan wewenangnya.

"Itu maka saya katakan, kepatutannya cawe-cawe dalam Bahasa Jawa ada kepatutannya, enggak boleh cawe-cawe mengintervensi, itu enggak boleh," kata Pacul, dikutip VIVA, Rabu, 31 Mei 2023

Sejalan dengan Pacul, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata cawe-cawe memiliki makna ikut membantu mengerjakan (membereskan, merampungkan) dan ikut menangani. Kata cawe-cawe sendiri kerap digunakan dalam pertemuan non-formal.

Presiden Jokowi di acara musra relawan

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya