Kisah Sersan Mayor Riadi, Babinsa yang Dicintai dan Dirindukan Masyarakat Maluku

Sersan Mayor Riadi dan anak-anak di Hote
Sumber :
  • TNI AD

VIVA Trending – Sersan Mayor (Serma) Mohammad Riadi merupakan seorang pembina desa (Babinsa) yang bertugas di Hote, Waesama, Buru Selatan, Maluku. Namanya cukup akrab di telinga masyarakat karena sosoknya sangat dicintai anak-anak.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Pada 12 Januari 2023 lalu, Riadi dipindah tugaskan kembali ke tanah kelahirannya di Bangkalan, Madura. Saat itu suasana haru mengiringi kepergiannya, sejumlah anak didiknya menangis bersahutan kehilangan sosok Riadi.

Sersan Mayor Riadi dan anak-anak di Hote

Photo :
  • Youtube TNI AD
Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

“Om Tentara, kenapa tinggalkan kami di sini. Siapa lagi yang bisa ajar kami mengaji. Kami mau Om Tentara cepat pulang,” ujar Mumang Umanailo, salah satu anak asuh Riadi, dikutip laman TNI Angkatan Darat, Senin 5 Juni 2023

Barulah pada Sabtu, 27 Mei 2023 harapan Riadi untuk kembali ke Maluku terkabul. Dia mendapat restu langsung dari Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf untuk melanjutkan pengabdiannya di Hote, Waesama, Buru Selatan.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Seperti saat kepergiannya, kedatangan Riadi ke Maluku juga disambut tangis bersahutan dari anak-anak yang merindukannya. Keakraban antara riadi dan anak-anak di desa jelas terlihat ketika mereka saling berpelukan.

“Mereka kaget saya kembali lagi ke sana, karena memang saya tak bilang-bilang mau pulang. Mumang itu paling keras tangisnya, setelahnya barulah tersenyum semringah,” ucap Serma Riadi

Untuk diketahui, Riadi memutuskan mengajar membaca Alquran kepada anak-anak di Hote pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu, Selain mengajar ngaji, dia juga mengajar membaca dan menulis. Kemudian Riadi juga membuka perpustakaan yang dinamai Taman Bacaan Dunia Akherat  

Mengetahui kabar tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Babinsa Koramil 1506-05/Wamsisi ini.

Menurut Jenderal Dudung, apa yang dilakukan Serma Riadi tersebut dapat membantu masyarakat dalam hal mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi di tengah masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi pengabdian yang dilakukan Serma Riadi di wilayah tugasnya. Kehadiran prajurit TNI Angkatan Darat memang harus menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi di tengah masyarakat. Serma Riadi sudah menunjukkan jati diri seorang prajurit. Ini harus menjadi contoh bagi lainnya,” sebut Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai Rapat Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2023 di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat, 10 Februri 2023.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya