Sosok Sersan Mayor Riadi, Lebih Dikenal sebagai Guru Mengaji daripada Tentara

Sersan Mayor Riadi dan anak-anak di Hote
Sumber :
  • Youtube TNI AD

VIVA Trending – Sersan Mayor (Serma) Mohammad Riadi merupakan seorang pembina desa (Babinsa) yang bertugas di Hote, Waesama, Buru Selatan, Maluku. Namanya cukup akrab di telinga masyarakat karena sosoknya sangat dicintai anak-anak.

Dua Laki-laki Bawa Kabur Water Barrier di Ragunan, Ini Kata Polisi

Mengutip laman TNI Angkatan Darat, Senin 5 Juni 2023, Serma Riadi merupakan pria kelahiran Bangkalan, Madura, 18 November 1984 silam. Namanya jadi sorotan setelah videonya viral di media sosial, menampilkan anak-anak Hote menangis saat Riadi pergi.

Sersan

Photo :
  • 1486165
Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Diketahui, Riadi dimutasi dari Hote ke tempat kelahirannya pada 12 Januari 2023 lalu. Saat itu suasana haru mengiringi kepergiannya, sejumlah anak didiknya menangis bersahutan kehilangan sosok pria 38 tahun itu.

Riadi mengawali dinasnya sebagai prajurit TNI Angkatan Darat di Batalyon Infanteri 731/Kabaresi pada 2006. Kemudian dia bertugas di Resimen Induk Kodam XVI/Pattimura, kemudian ke Koramil 1506-05/Wamsisi di wilayah Kodim 1506/Namlea.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Selama menjalankan tugas di Desa Hote, Serma Riadi telah mendirikan perpustakaan yang dinamai Taman Bacaan Dunia Akhirat, kemudian Riadi juga mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Alim. Di desa kecil ini, riadi lebih dikenal sebagai guru mengaji daripada tentara.

Adapun biaya yang digunakan untuk pembangunan fasilitas belajar tersebut, seluruhnya dihasilkan dari uang tabungan pribadinya. Selain membuat fasilitas belajar, dia juga mengajar anak-anak secara langsung, Riadi telah melakukan kegiatan ini sejak tahun 2020.

Diketahui kegiatan Riadi ini bermula dari keprihatinannya melihat anak-anak di Kepulauan Buru bagian Selatan yang mulai malas belajar. Selain mengaji, dia juga mengajar berbagai hal yang disukai anak-anak.

Mengetahui kabar tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Babinsa Koramil 1506-05/Wamsisi ini.

Menurut Jenderal Dudung, apa yang dilakukan Serma Riadi tersebut dapat membantu masyarakat dalam hal mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi di tengah masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi pengabdian yang dilakukan Serma Riadi di wilayah tugasnya. Kehadiran prajurit TNI Angkatan Darat memang harus menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi di tengah masyarakat. Serma Riadi sudah menunjukkan jati diri seorang prajurit. Ini harus menjadi contoh bagi lainnya,” sebut Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

KSAD

Photo :
  • 1467066
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya