Pengalaman Seram Perias Jenazah: Jenazah Bergerak Sendiri dan Menangis

Ilustrasi Jenazah
Sumber :
  • U-Report

VIVA Trending - Pengalaman unik dan tidak biasa kerap dialami Gloria Elsa Hutasoit yang berprofesi sebagai perias jenazah. Hal itu dia ungkapkan saat berbincang di podcast Melaney Ricardo.

RS Polri Ungkap Kondisi Terkini 11 Jasad Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek

Sepanjang pengalamannya menjalani profesi yang jarang dilakoni orang itu, wanita asal Sumatera Utara tersebut memiliki pengalaman tidak biasa. Dari jenazah yang tiba-tiba bergerak sendiri hingga mengeluarkan air mata.

Awal Mula Jadi Perias Jenazah

Jasad 11 Korban Kecelakaan Maut KM 58 Dipindah ke RS Polri

Awalnya, Gloria Elsa Hutasoit sama sekali tidak memiliki cita-cita sebagai perias jenazah. Dia mulai berkenalan dengan profesi itu karena kerap menemani ibunya yang berprofesi sebagai perawat dan memandikan jenazah.

“Dimulai aku remaja, ikut mama memandikan jenazah. Sejak saat itu aku mulai menjadi perias jenazah,” ucapnya seperti dilansir dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Selasa 6 Juni 2023.

Satu Jenazah Korban Kecelakaan KM 58 Tol Cikampek Teridentifikasi Wanita asal Bogor

Dan momen saat dia mulai menekuni profesi itu saat suami tercinta meninggal dan kehidupannya sedang susah. Sehingga banyak orang yang membantunya.

Melaney

Photo :
  • 1486538

"Jadi aku nazar kepada tuhan waku suami aku meninggal. Saat itu aku benar-benar kesusahan. Karena suami sudah sakit-sakitan dua tahun," kata Elsa. 

"Saat suami meninggal, aku tidak punya uang. Banyak orang yang tolong. Jadi aku berjanji kepada tuhan karena mau mengembalikan yang tuhan berikan kepadaku pada saat kedukaan," lanjut Elsa.

Pengalamannya saat sang suami meninggal membuat dia sadar bahwa banyak orang yang tidak menyiapkan hari terakhir mereka. 

"Jadi aku merasa harus melayani bagian kedukaan. Jadi ada panggilan. Jadi perias jenazah dan memandikan itu mengcut biaya orang meninggal cukup banyak," kata Elsa.

Menurutnya, biaya paketan memandikan dan merias jenazah paling murah mencapai 2,5 juta rupiah. Angka itu cukup besar buat sebagian orang," papar Elsa.

Sedangkan Elsa membebaskan biaya untuk jasa merias jenazah. Untuk menafkahi keluarga, Elsa mengaku banyak hal lain yang dia kerjakan. "Aku juga buka makeup buat orang hidup."

Melaney

Photo :
  • 1486538

Elsa mengaku sudah menggeluti profesi ini secara profesional dari tahun 2016. Namun dia sudah berkecimpung di bidang ini selama 16 tahun sejak remaja kala ikut menemani ibunya.

Jenazah Bergerak Sendiri dan Menangis

Berbeda dengan merias orang yang masih hidup, merias jenazah memiliki tantangan tersendiri. Elsa mengakui rasa takut terkadang kerap menghampirinya.

“Rasa takut pasti ada, dan aku lakukan sebaik mungkin karena nanti saat aku meninggal aku berharap akan mendapat yang terbaik,” ucap Elsa.

Sepanjang pengalamannya menjalani profesi yang jarang dilakoni orang itu, Elsa memiliki pengalaman tidak biasa dan cenderung menyeramkan bagi sebagian besar orang.

Salah satunya fenomena menyeramkan dengan istilah Muscle Twitch, yaitu kedutan otot atau gerakan otot anggota tubuh dengan sendirinya saat telah meninggal. “Orang Indonesia biasa mengaitkan dengan hal gaib, nah keluar air mata juga termasuk Muscle Twitch juga,” ujarnya.

Tak hanya jenazah yang tiba-tiba bergerak dan menangis, Elsa juga mengungkap kondisi wajah jenazah yang diperlihatkan saat sakaratul maut. “Micro Mimic, mimik wajah terakhir yang tertangkap saat jenazah dipanggil,” ucapnya.

Apabila jenazah ketakutan di saat terakhir menjelang sakaratul maut, maka wajah yang akan diperlihatkan kepada perias jenazah adalah ekspresi ketakutan. “Misalnya sakit jantung atau tabrakan itu pasti mukanya syok,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya