4 Kontroversi Terbesar Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Terbaru Santri Berzina Denda Rp2 Juta

Sholat Idul Fitri di Pesantren Al-Zaytun yang Campurkan Jamaah Pria dan Wanita
Sumber :
  • YouTube Al-Zaytun Official

Indramayu – Pondok Pesantren Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat sedang menjadi perbincangan hangat setelah memperboleh santrinya berzina karena dosanya bisa ditebus dengan uang. Hal ini diungkap Ken Steven, mantan aktivis NII di kanal YouTube Herry Pras. 

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Ponpes Al-Zaytun yang didirikan Panji Gumilang itu kerap menuai kontroversi. Melansir laman resmi MUI, kontroversi di lembaga pendidikan Islam itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Kontroversi ini erat dengan doktrin ajaran, afiliasi kelembagaan, dan konsep keagamaan. 

Bahkan, beberapa pihak menganggap bahwa pesantren satu ini sesat dan berbahaya. Nah, berikut adalah beberapa kontroversi yang terjadi di Ponpes Al-Zaytun hingga mendapat kecaman publik lantaran dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

1. Mencampurkan Jemaah Laki-laki dan Perempuan dalam Satu Shaf

Video

Photo :
  • 1479721
Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

Publik sempat dihebohkan dengan sebuah video yang viral di media sosial karena memperlihatkan jemaah sholat Idul Fitri laki-laki dan perempuan digabung. Selain itu, jemaah juga dibuat berjarak dengan salah satu jemaah perempuan berada di shaf paling depan. 

Dalam unggahan tersebut dikatakan bahwa hal tersebut adalah kegiatan perayaan Idul Fitri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-zaytun Indramayu. Mengenai video itu, perwakilan Kemenag mengatakan, Ponpes Al-Zaytun mengambil dasar hukum Surat Al Mujadalah ayat 11. 

2. Adzan Nyeleneh

Adzan

Photo :
  • 1480112

Ponpes Al-Zaytun juga sempat menjadi perbincangan karena sebuah video yang memperlihatkan gaya adzan sholat Jumat yang berbeda dari biasanya. Video berdurasi kurang dari satu menit itu memperlihatkan seorang muadzin yang memakai jas lengkap dan dasi biru. 

Dalam setiap lantunan azan yang dikumandangkan, selalu diikuti dengan gerakan tangan yang berbeda dari biasanya. Tampak juga para santri mengikuti lantunan tersebut dan disertai shaf yang berjarak. Muadzin juga menghadap ke arah santri bukan ke kiblat seperti biasanya. 

3. Perkenalkan Salam Yahudi

Pimpinan

Photo :
  • 1481574

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @say.kocak pada Minggu, 7 Mei 2023, tampak pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang mengajak para santri untuk membawakan lagu salam Kristen yang merupakan ucapan salam untuk penganut Yahudi. 

“Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita " havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silahkan berdiri, karena ini satu suro," ujar Panji Gumilang dalam video.

4. Berzina, Bayar Tebusan Rp2 Juta 

Ponpes

Photo :
  • 1486524

Ponpes Al-Zaytun baru-baru ini menjadi sorotan publik setelah memperbolehkan santri berzina karena dosanya bisa ditebus dengan uang. Hal ini diungkap oleh Ken Setiawan, mantan tokoh Negara Islam Indonesia (NII) dalam podcast YouTube Herri Pras beberapa waktu lalu. 

Ken mengungkap secara gamblang pemahaman yang dianut Ponpes Al-Zaytun yang tidak memperbolehkan santrinya untuk berpacaran dan berzina. Namun, aturan tersebut tak berlaku untuk mereka yang memiliki uang. Karena bisa menebus dosanya dengan menggunakan uang. 

“ Gak boleh pacaran, gak boleh berzina, kalau gak punya duit. Kalau punya duit, bisa dilakukan. Nanti ada majelis hukumnya bertahkim, kena pasal sekian, kena dosa, (dengan bayar) dua juta dosanya hilang,” kata Ken Setiawan, dikutip dari kanal YouTube Herri Pras. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya