Eddy Soeparno Dipuji Warganet Usai Semprot Bos Smelter China yang Tak Bisa Bahasa Indonesia

Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sumber :
  • Dok. PAN.

Jakarta – Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno banjir pujian usai videonya viral saat menegur pengusaha smelter karena tak bisa bahasa Indonesia. Diketahui momen ini terjadi saat Komisi VII DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan para bos perusahaan smelter.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Melalui kolom komentar unggahan akun Instagram @unikinfo_id Jumat, 9 Juni 2023 banyak warganet yang memuji sikap Eddy. Tak sedikit yang mengatakan bahwa teguran Eddy ke para pimpinan perusahaan smelter nikel adalah baik, sebagai bentuk identitas nasional.

Eddy

Photo :
  • 1237217
Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

“Setuju banget sih dengan sikap Pak Eddy yg 1 ini! Kita kalo di Indonesia, harus menggunakan bahasa Indonesia, tanpa terkecuali WNA. Harus mengajari mereka mengenal bahasa indonesia apalagi mereka berbisnis dan menetap di Indonesia,” komentar salah seorang warganet.

“Nicee ,cukup senang liat anggota dewan ini ,kalo bisa untuk WNA yang mau kerja ,buka bisnis ,study , penelitian mereka harus bisa bahasa Indonesia dong ,kita aja klo ke luar negeri aja harus bisa bahasa negara mereka entah dari China ,Inggris ,Rusia , Amerika, Arab,” ungkap warganet

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Yesss please respect our parliament Institution... Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” balas yang lain – “Harusnya gini.. Jangan karyawan kita doang yg harus bisa bahasa asing. Makasih pak DPR,” timpal warganet

Untuk diketahui teguran ini dilayangkan Eddy Soeparno pada saat rapat baru saja dimulai. Saat itu ia meminta para pengusaha memperkenalkan diri, hingga tibalah giliran bos PT Obsidian Stainless Steel (OSS) memperkenalkan diri.

Saat memulai bicara, salah satu bos OSS lebih dulu meminta maaf karena tidak bisa berbahasa Indonesia. Dia juga meminta izin untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

"Ini adalah sidang parlemen resmi dan semua sidang parlemen dilakukan dalam bahasa Indonesia. Ini adalah aturan," kata Eddy menggunakan bahasa Inggris dikutip, Jumat, 9 Juni 2023.

Eddy pun, bertanya kepada bos Obsidian Stainless Steel itu apakah dia memiliki seorang penerjemah. Pengusaha itu mengatakan bahwa dia memiliki translator di lantai dua.

Adapun dalam dalam rapat dengar pendapat itu terdapat dua pengusaha yang tidak hadir. Eddy mengatakan, hal ini menjadi catatan DPR, dia juga akan memanggil salah satu pengusaha yang tidak hadir itu ke DPR.

Sekjen

Photo :
  • 1448409
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya