Viral Hidangan Tumis Batu, Ternyata Makanan Khas Negara Ini

Hidangan Tumis Batu
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Hubei, China – Belum lama ini beredar sebuah video makanan di China yang menumis batu dengan dicampurkan bumbu-bumbu yang terlihat enak.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dilansir dari World of Buzz, Senin, 12 Juni 2023, dalam video yang di unggah oleh media sosial Xiaohongshu oleh akun Zhutouxinyi, tampak seorang penjual sedang memasak batu-batuan berwarna hitam dan abu-abu dengan memasukkan bumbu-bumbu racikannya.

Hidangan Tumis Batu

Photo :
  • Tangkapan Layar
Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

"Percayakah kamu... Aku makan batu goreng di pasar malam," Jelas tulisan yang ada  dalam video tersebut

Sumber yang sama menyebutkan bahwa hidangan ini biasa disebut SuoDiu, yang berarti bentuk pendek dari "hisap lalu buang".

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

SuoDiu ternyata merupakan hidangan khas Provinsi Hubei, China. Batu bulat berbentuk bulat ini digoreng dengan bawang putih, daun bawang, jahe, cabai, dan minyak cabai.

Kemudian, penjual makanan yang ada di dalam di video mengatakan, pembeli dapat memakan tumis batu ini dengan menghisapnya dan menikmati aroma yang menempel di dalamnya.

Ketika ditanya apakah perlu mengembalikan batu-batu tersebut setelah selesai makan, pedagang hanya menjawab:

“Tidak perlu, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh”. Ujarnya.

Hidangan Tumis Batu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Meskipun hidangan ini tergolong tidak biasa oleh beberapa orang, ada yang menganggap SuoDiu cocok bagi yang sedang diet tetapi ingin menikmati rasa makanan, karena secara teknis hanya mengonsumsi bumbu tanpa isian apa pun.

Intinya, memakan hidangan tersebut bukan dimaksudkan untuk memakan batuna, hanya saja menyicipi bumbu-bumbu yang menempel saat proses pembuatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya