Mengapa 1 Zulhijjah Indonesia dan Arab Saudi Berbeda? Ini Kata UAS

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad
Sumber :
  • YouTube Cerita Untungs

Jakarta – Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Zulhijjah pada Selasa, 20 Juni 2023, itu artinya Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Adapun Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijjah jatuh pada Senin, 19 Juni 2023, dan memastikan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Terkait perbedaan penetapan 1 Zulhijjah hingga Hari Raya Idul Adha, banyak masyarakat Indonesia yang mengaku bingung, ikut pendapat pemerintah atau Arab Saudi.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad

Photo :
  • YouTube Cerita Untungs

Terkait hal itu, ulama kenamaan Tanah Air, Ustaz Abdul Somad (UAS) angkat bicara. Menurutnya letak perbedaan pendapat ini dikarenakan penampakan anak bulan di seluruh penjuru dunia tidak sama.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

“Dunia ini satu matlak atau ta’addud al matoah, apakah penampakan anak bulan itu satu atau banyak? itu letak permasalahannya. Maka pendapat yang kuat adalah penampakan anak bulan itu tidak sama, tapi banyak,” ujar UAS dilansir dari akun TikTok Ihwandi Saharuddin, Rabu, 21 Juni 2023.

Penceramah kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara itu memaparkan persoalan ini diungkap oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Abdullah bin Abbas.

UAS bercerita, saat itu, Abdullah bin Abbas bertanya kepada sahabatnya yang baru pulang dari Negeri Syam (sekarang Suriah, Palestina, Yordania, dan Lebanon) ‘Kamu kemarin di Negeri Syam puasa hari apa?’ si sahabat menjawab ‘hari Jumat’ sementara di Madinah Sabtu, diketahui dua wilayah tersebut berjarak kurang lebih 1.000 kilometer.

Menurut UAS apabila jarak 1.000 kilometer saja bisa terjadi perbedaan, hal demikian dinilai cukup menjadi alasan mengapa Indonesia dan Arab Saudi memiliki perbedaan dalam penentuan 1 Zulhijjah.

“1.000 kilometer itu terjadi perbedaan matlak atau penampakan anak bulan, apalagi kita dengan Saudi Arabia 9.000 kilometer. Jadi kalau Saudi Arabia pada Senin, 19 Juni 1 Zulhijjah kemarin sudah tampak anak bulan, maka Indonesia belum nampak anak bulan, kita 1 Zulhijjahnya hari Selasa (20 Juni), menurut rukyat,” jelasnya

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad

Photo :
  • YouTube Cerita Untungs

UAS mengatakan, perbedaan dalam penentuan 1 Zulhijjah ini otomatis juga membuat perbedaan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan Puasa Arafah pada 9 Zulhijjah. Lantas, kapan puasa Arafah untuk orang Indonesia yang tidak melaksanakan haji?

UAS menjelaskan bahwa perbedaan ini juga menyebabkan banyak masyarakat bingung untuk melaksanakan Puasa Arafah, ikut puasa berbarengan dengan prosesi Wukuf di Arafah atau tetap sesuai dengan pemerintah Indonesia.

“Wukuf di Padang Arafah, Saudi tanggal 27 Juni (9 Zulhijjah), yang jadi pertanyaan ‘kita ikut wukuf Saudi atau Indonesia’ saya jawab, wukuf itu mengikuti tanggal, pengambilan tanggal 9 Zulhijjah itu sesuai ditetapkannya tanggal 1 Zulhijjah. Maka di Indonesia Puasa Arafah tangal 28 Juni,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya