Selain Presiden Jokowi, Ini 10 Pesohor yang Ulang Tahun di Bulan Juni

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Instagram @jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-62 pada hari ini Rabu, 21 Juni 2023. Dia mengatakan tak akan ada perayaan khusus untuk usia barunya. Dia menyebut tidak pernah merayakan ulang tahun sejak kecil.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Saya nggak pernah ulang tahun. Saya orang desa, enggak pernah ulang tahun sejak lahir sampai sekarang," kata Jokowi kepada wartawan di Gresik, Selas 20 Juni 2023 kemarin.

Selain Presiden Jokowi, ternyata bulan Juni dikenal sebagai bulan kelahiran beberapa Presiden Republik Indonesia dan beberapa pahlawan nasional. Berikut telah kami rangkum dari Arsip Nasional, daftar lengkapnya:

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

1. Soekarno

Presiden Pertama RI, Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 dari orang tua bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Saat masih SD sampai tamat, dia tinggal di Surabaya dengan indekos di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Lalu, Soekarno melanjutkan pendidikan di HBS (Hogere Burger School) dan THS (Technische Hoogeschool) yang sekarang merupakan ITB.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Bulan ini lekat dengan Bung Karno karena menjadi tokoh yang telah mengemukakan gagasan dasar negara yang ia sebut sebagai Pancasila pada 1 Juni 1945. Bahkan, kini Juni dikenal sebagai bulan Bung Karno, karena memiliki sejumlah tanggal yang berkaitan dengan kehidupannya.

2. Soeharto

Presiden kedua RI, Soeharto juga lahir pada bulan Juni, dia lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Kemusuk, Yogyakarta.  Soeharto menempuh sekolah SD pindah-pindah di Tiwir, Yogyakarta, Wuryantoro dan Solo pada 1929-1934. Kemudian masuk SMP dan Sekolah Agama, Wonogiri dan Yogyakarta.

Pada tahun 1940, Soeharto masuk KNIL dan Mengikuti Pendidikan Dasar Militer di Gombong, Jateng. Dia pernah menjadi prajurit teladan pada tahun 1941, sebelum resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie

Presiden ketiga RI Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 dari orang tua bernama Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Menyelesaikan SMA di Bandung pada tahun 1954, pria yang dikenal sebagai Bapak Teknologi ini melanjutkan pendidikannya ke Universitas Indonesia di Bandung (sekarang ITB). Habibie memperoleh gelar diploma dari Technische Hochschule Jerman tahun 1960 dan gelar doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Tahun 1967, dia dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan (Guru Besar) oleh ITB.

BJ Habibie

Photo :
  • U-Report

4. Jenderal Ahmad Yani

Tokoh selanjutnya yakni berasal dari kalangan militer, adalah Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani. Dia lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922.

Sungguh pili, sosoknya harus gugur pada usia 43 tahun, setelah menjadi korban penculikan dan penyiksaan di tragedi G30SPKI. Jasadnya ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur pada 1 Oktober 1965.

5. DI Panjaitan

Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac (DI) Panjaitan lahir pada 19 Juni 1925 di Balige, Sumatera Utara. Seperti Ahmad Yani, dia juga merupakan korban kebiadaban tragedi G30SPKI.

Tubuhnya ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur pad 1 Oktober 1965 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Peringatan Hari Pancasila Sakti di Lubang Buaya

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

6. R. Suprapto

Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto lahir pada 20 Juni 1920 di Purwokerto, Jawa Tengah merupakan tokoh pahlawan nasional yang berjuang pada awal kemerdekaan untuk merebut senjata pasukan Jepang di Cilacap.

Dia juga merupakan korban dari penyiksaan dan pembunuhan dalam tragedi G30SPKI. Tubuhnya ditemukan dalam Lubang Buaya pada 1 Oktober 1965.

7. Tan Malaka

Suttan Ibrahim Tan Malaka adalah seorang filsuf dan penyair terkemuka di Indonesia. dia lahir di Nagari Pandam Gadang, Sulik, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat pada 2 Juni 1897.

Tan Malaka harus terbunuh pada 21 Februari 1949 setelah ditembak pasukan militer Indonesia di Selopanggung Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Tan Malaka, aktivis kemerdekaan Indonesia, filsuf kiri, pemimpin Partai Komunis Indonesia.

Photo :
  • Dody Handoko

8. Kapitan Pattimura

Pemilik nama asli Thomas Matulessy ini adalah salah satu toko pahlawan Indonesia yang lahir pada 8 Juni 1783 di Pulau Saparua, Maluku.

Kapitan Pattimura ditemukan gugur pada 16 Desember 1817 setelah ditangkap oleh penjajah Belanda karena dihukum gantung.

9.  Chelsea Islan

Artis Indonesia Chelsea Islan merupakan salah satu tokoh dari kalangan selebriti yang lahir pada 2 Juni 1995. Tahun ini, Chelsea genap berusia 28 tahun. Pada Oktober 2021 lalu, dirinya dilamar oleh Rob Clinton.

Chelsea Islan.

Photo :
  • Disney+ Hotstar

10. Arya Saloka

Terakhir artis sinetron yang kini tengah digandrungi ibu-ibu atau emak-emak Tanah Air ini rupanya juga berulang tahun pada bulan Juni. Diketahui Arya Saloka berulang tahun pada 27 Juni 1991, pada tahun ini Arya Saloka akan merayakan ulang tahunnya yang ke 32 tahun.

Arya Saloka.

Photo :
  • Instagram @arya.saloka
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya