Deretan Kasus Inses yang Viral, Dari Banyumas Hingga Prancis

Ilustrasi hubungan inses di Bukittinggi, Sumatera Barat.
Sumber :
  • Freepik/ijab

Jakarta – Kasus inses atau hubungan seksual antara anggota keluarga yang memiliki hubungan darah menjadi salah satu isu yang memicu kontroversi dan kecaman di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perbuatan tak terpuji itu melibatkan pelanggaran etika, norma sosial, dan seringkali melanggar hukum.

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Seperti kasus-kasus inses yang belakangan ini terungkap secara umum memicu kecaman publik. Kasus ini juga memicu perdebatan tentang perlindungan anak-anak dan menyuarakan kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan seksual dalam keluarga.

Berikut ini deretan kasus inses viral yang telah dirangkum oleh VIVA. 

Jokowi Bakal Turun Tangan Benahi Masalah di Bea Cukai, Begini Respons Kemenkeu

1. Kasus Inses Ayah dan Anak di Banyumas

Pelaku inses yang membunuh bayinya di Banyumas ditangkap polisi

Photo :
  • ANTARA
Setelah Viral, Keluarga Vina Cirebon Minta Polda Jabar Tangkap 3 Orang Lagi

Baru-baru ini pelaku inses yakni ayah terhadap anaknya di Banyumas telah ditangkap polisi. Bahkan pelaku juga tega membunuh bayi hasil hubungan sedarahnya atau dengan E yang merupakan anak kandungnya. Hubungan inses tersebut dilakukan sudah sejak tahun 2012 silam. Saat ini, Polresta Banyumas juga sudah berhasil menangkap pelaku inses terhadap anaknya yang sekaligus pembunuhan atas penemuan empat bayi yang dibunuh. 

2. Kasus Inses Ibu dan Anak di Bukititnggi

Ilustrasi hubungan inses di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Photo :
  • Freepik/ijab

Masyarakat di Bukittinggi, Sumatera Barat belakangan dihebohkan dengan pernyataan Walikota Bukittinggi Erman Safar yang mengungkap adanya kasus inses antara anak dan ibu kandung di wilayahnya. 

Bahkan, hubungan terlarang itu disebut Erman sudah terjalin sejak sang anak masih duduk di bangku SMA  hingga usia 28 tahun. Berarti sudah hampir 11 tahun mereka melakukan hubungan terlarang tersebut. Sementara itu, saat ini pihak kepolisian diketahui masih menyelidiki kasus inses ibu dan anak di Bukittinggi yang diungkap oleh sang walikota, Erman Safar. 

3. Kasus Inses Kakak dan Adik di Bekasi

Ilustrasi seks/bercinta.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Selanjutnya ada kasus inses kakak dan adik di Bekasi yang akhirnya ditangkap polisi. Mulanya seorang bayi ditemukan di sebuah kebun kosong di Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Rabu, 9 Juni 2021 lalu. 

Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dan diduga merupakan hasil hubungan inses kakak-adik tersebut. Polisi kemudian menangkap keduanya dalam kasus inses tersebut. 

4. Kasus Inses Ayah, Kakak-Adik Laki-laki kepada Adik Perempuan di Lampung

Ilustrasi pelecehan seksual.

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 2019 lalu, seorang gadis gadis berketerbelakangan mental berinisial IG di Lampung diperkosa oleh ayah, kakak dan adik laki-laki kandungnya sendiri. Hubungan inses tersebut diketahui dilakukan setelah sang ibu wafat pada tahun 2017. 

Polisi kemudian menangkap ayah dan dua anak laki-lakinya karena telah melakukan persetubuhan sedarah dengan korban yang juga merupakan anak kandungnya sendiri dan memiliki kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

5. Kasus Inses Olivier Duhamel di Prancis

Ilustrasi kekerasan seksual.

Photo :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

Kasus inses Olivier Duhamel di Prancis terungkap pada awal tahun 2021. Adik tiri Olivier Duhamel, Camille Kouchner, mengungkapkan dalam buku yang diterbitkannya bahwa Duhamel telah melakukan pelecehan seksual terhadap saudara kandungnya, termasuk dirinya, pada tahun 1980-an. 

Setelah buku tersebut diterbitkan, Duhamel mengakui tindakan pelecehan tersebut dan mengundurkan diri dari semua jabatannya. Kasus ini menimbulkan debat luas di Prancis tentang pelecehan seksual dalam lingkungan keluarga dan perlindungan anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya