Sapi Kurban Menangis saat Hendak Disembelih, Ini Penjelasan Pakar Hewan

Ilustrasi sapi
Sumber :
  • The Human League

Jakarta – Dalam momen Hari Raya Idul Adha kerap kali ditemui seekor sapi meneteskan air mata seperti menangis saat hendak disembelih.

Viral Video Nikita Mirzani Nangis Sesegukan Usai Putus dari Ajudan Prabowo Subianto

Salah satu momen sapi menangis tersebut berhasil diabadikan oleh pemilik akun TikTok Saleh Story pada Selasa, 27 Juni 2023.

Teror dan Meresahkan Warga, Gerombolan Monyet Kuasai Kota Populer Ini

Dilihat dalam video berdurasi 38 detik tersebut, seekor sapi mengucurkan air dari matanya hingga menyisakan bekas yang jelas terlihat.

Sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton lebih dari 8,2 juta kali, mendapatkan 579 ribu like dan dipenuhi 16 ribu komentar warganet.

Viral SPG di Pusat Perbelanjaan Menangis Haru Gara-Gara Anak Yatim Belanja

Tak sedikit warganet yang dibuat penasaran, pasalnya fenomena sapi kurban ‘menangis’ kerap dijumpai pada momen Hari Raya Idul Adha. Lantas, apa penyebabnya?

Presiden Jokowi berkurban sapi simental seberat 1,08 ton di Masjid Agung Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Saat dikonfirmasi, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Slamet Raharjo mengatakan bahwa air yang keluar dari mata sapi saat hendak disembelih bukan pertanda si sapi sedang menangis atau sedih.

“Bukan lagi nangis itu,” kata Slamet kepada awak media, Rabu, 28 Juni 2023.

Dia menjelaskan, sapi merupakan hewan mamalia yang memiliki kelenjar air mata yang berfungsi untuk membasahi atau membersihkan mata ketika terdapat debu atau benda asing yang menempel di bola mata.

Sapi

Photo :
  • Pexels

"Air mata diproduksi secara normal setiap hari, sehingga sering terlihat bekas lelehan air mata di sisi tepi mata," ungkapnya.

Misalnya dalam posisi sapi hendak disembelih, biasanya hewan itu akan dibaringkan. Posisi ini, kata dia, dapat membuat kelenjar air mata pada sapi secara spontan menetes.

“Kelenjar air mata yang menetes itu tampak seperti menangis,” kata dia

Slamet menegaskan, seekor sapi tidak akan menangis atau sedih lantaran tahu akan disembelih. Menurutnya, secara psikologis sapi tidak dapat merasakan sedih seperti manusia.

Menangis pada hewan yang menggambarkan ekspresi dari kondisi psikologisnya hanya dapat ditemui pada primata, seperti kera, monyet, atau orangutan.

“Pada sapi tidak dikenal psikologis menangis, bahkan ketika misal tubuhnya kesakitan pun tidak ada tanda-tanda menangis seperti pada primate,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya