Al Chaidar Sarankan Ustaz Adi Hidayat Ambil Alih Pesantren Al Zaytun

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

Jakarta – Masa depan Pesantren Al Zaytun, tegah jadi sorotan banyak pihak. Bahkan, massa yang tergabung dalam Forum Solidaritas Dharma Ayu sempat mendesak pemerintah untuk membubarkan ponpes yang berlokasi di Indramayu tersebut pada Kamis 22 Juni lalu.

Sidang Praperadilan, Panji Gumilang Minta Hakim Batalkan Status Tersangka TPPU

Terkait tuntutan massa tersebut, Pengamat Terorisme Al Chaidar menyarankan Pesantren Al Zaytun jangan dulu dibubarkan. Menurutnya, yang harus ditindak dalam polemik ini adalah Panji Gumilang selaku pimpinan ponpes.

Pengamat terorisme, Al Chaidar

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan
Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

“Pesantrennya jangan ditutup, hanya Panji Gumilang yang memang sangat Dajal ini yang kurang ajar ini yang harus ditangkap karena dia sudah melakukan sejumlah pelanggaran hukum,” ujarnya dilansir dari Instagram @fuadbakh, Kamis, 29 Juni 2023.

Chaidar mengatakan bahwa Panji Gumilang telah melakukan penistaan agama saat menyebut kitab suci Alquran sebagai sabda Nabi Muhammad SAW, kemudian Panji juga mencampur shaf salat berjamaah antara laki-laki dan perempuan.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

“Kemudian dia menganut ajaran atau aliran ISA bugis. Aliran itu menganggap bahwa komunisme adalah bagian dari ajaran Islam sehingga Panji Gumilang itu dengan leluasa menyatakan bahwa dia adalh komunis,” kata Chaidar

Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat

Photo :
  • Opi Riharjo (Indramayu)

Berdasarkan sederet kontroversi yang ada di Al Zaytun, seluruhnya dilakukan oleh Panji Gumilang. Hal inilah yang mendasari Chaidar menilai Panji Gumilang yang mesti ditindak, adapun bangunan ponpes tersebut dapat diserahkan ke pihak lain.

Untuk itu, dia menyarankan pemerintah dapat menyerahkan Pesantren Al Zaytun untuk dikelola oleh Ustaz Adi Hidayat. Menurutnya, Adi Hidayat mampu mengelolanya ponpes itu menjadi lebih baik.

“Menurut saya pesantrennya tetap dibiarkan begitu saja, tetapi pemimpinnya yang diganti, kalau bisa diganti dengan Ustaz Adi Hidayat lah, karena itu yang keliatannya paling bagus, keliatannya ustaz itu juga belum punya pesantren,” ungkap Chaidar

“Jadi saya kira memang sebaiknya Pesantren Al Zaytun itu dikasih kepada Ustaz Adi Hidayat aja, nanti Ustaz Adi Hidayat akan mengajak ustaz-ustaz lainnya,” pungkasnya

Ustadz Adi Hidayat

Photo :
  • Youtube Adi Hidayat Official
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya