Amien Rais Sebut Pesantren Al Zaytun Produk Orde Baru, Ini Dasarnya

Ketua Dewan Syura Partai Ummat, Amien Rais.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Jakarta – Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais menduga Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu merupakan produk orde baru. Alasan tersebut dikatakannya berdasarkan Alquran Surat At-Tin.

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

“Caranya melihat itu mudah sekali. Wattini wazzaytun. Masjid At Tin dan Pesantren Al Zaytun," kata Amien Rais kepada wartawan, Jumat 30 Juni 2023.

Masjid At Tin Taman Mini

Photo :
  • Traveloka
Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Berdasarkan ayat di atas, pria 79 tahun itu menduga kuat bahwa sponsor pembangunan Al Zaytun dan Masjid At Tin yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disponsori oleh kelompok yang sama. Kendati demikian dia nggan menjelaskan lebih detail pernyataannya itu.

"Saya kira sama sponsornya, nggak usah mendetail," ujarnya.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Dia bercerita, ketika masih menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999-2004, Amien Rais mengklaim pernah diminta hadir langsung ke Pesantren Al Zaytun. Adapun orang yang mengundangnya adalah Panji Gumilang.

ponpes Al Zaytun

Photo :
  • vstory

Saat itu, sambung Amien Rais, Panji Gumilang terkesan memaksanya hadir. Dia bahkan sampai dibanding-bandingkan dengan sejumlah tokoh nasional yang pernah berkunjung ke Al Zaytun.

Amien Rais mendesak agar Panji Gumilang diusut tuntas berkaitan dengan dugaan kasus penodaan agama. Amien Rais juga mendesak agar Ponpes Al Zaytun dibubarkan dan disulap menjadi Ponpes yang sesuai dengan nilai-nilai syariat Islam yang berlaku jamak di muka bumi.

"Asetnya enggak usah diambil-alih. Tapi dibuat pesantren yang menurut ulama-ulama MUI, NU, pasti lebih tahu agama daripada Panji Gumilang, ulama Muhammadiyah, Persis, Al Washliyah dan lain-lain untuk bersama-sama meneruskan pesantren," pungkasnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang

Photo :
  • wikipedia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya