Puncak Haji Selesai, Begini Penampakan Arafah dan Jabal Rahmah

Suasana Arafah pasca puncak haji.
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Mekah – Jika ingat saat puncak haji berlangsung, kawasan Tanah Suci Mekkah bagai lautan manusia. Seolah tak ada celah, seisi kawasan di Tanah Suci penuh dengan kumpulan manusia dari berbagai negara. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Arafah, Muzdalifah, Mina bahkan Jabal Rahmah ketika puncak haji berlangsung penuh dengan manusia. Kini, puncak haji telah selesai. Secara bertahap para jemaah haji pulang ke Tanah Air. 

Bagi jemaah haji yang masih menunggu jadwal kepulangan, sebagian besar dari mereka memanfaatkan waktunya untuk berziarah serta mengunjungi tempat tempat bersejarah dan menarik di Tanah Suci.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Salah satu kawasan yang dikunjungi yakni, Jabal Rahmah. Untuk menuju ke lokasi ini, jalanan yang dilalui adalah Arafah, Muzdalifah dan Mina. Jika saat puncak haji kawasan ini sangat padat dan ramai, Minggu 9 Juli 2023 pemandangan itu tak terlihat lagi.

Sepanjang jalan menuju Jabal Rahmah, kawasan Arafah, Muzdalifah dan Mina sepi, jadi kawasan tak berpenghuni. Tenda-tenda yang tadinya beratap, kini sudah tinggal kerangka. Mesin-mesin pendingin udara berjajar di luar, tumpukan sampah menggunung. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Saat menginjakkan kaki di Jabal Rahmah, kawasan tempat jemaah berdoa ketika wukuf di Arafah pun tampak lengang. Hanya sejumlah peziarah yang datang untuk menikmati pemandangan serta berdoa dan shalat di atas puncak gunung. Sebagian dari mereka juga menuliskan nama di tugu di tengah puncak bukit Jabal Rahmah.

Suasana Jabal Rahmah di Arafah pasca puncak haji 2023.

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Sejarah Jabal Rahmah 

Ya, Jabal Rahmah dikenal sebagai tempat pertemuan pertama Nabi Adam A.S. dan Hawa usai dikeluarkan dari Surga.

Jabal Rahmah adalah bukit bebatuan setinggi 70 meter yang berada di sebelah selatan Padang Arafah, sekitar 25 km di bagian tenggara Kota Mekkah, Arab Saudi.

Di Jabal Rahmah dibangun tugu putih untuk mengenang peristiwa pertemuan kembali Nabi Adam A.S. dengan Siti Hawa setelah dikeluarkan dari surga dan dipisahkan oleh Allah SWT di bumi selama 200 tahun.

Jabal Rahmah ini adalah Bukit Kasih Sayang.Tugu putih itu terbuat dari beton persegi, yang lebarnya 1,8 meter dan tingginya 8 meter, serta terdapat banyak coretan.

Untuk bisa mencapai Jabal Rahmah dari Kota Mekkah, pengunjung dapat melintasi jalur darat dengan menggunakan mobil yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Suasana Jabal Rahmah di Arafah pasca puncak haji 2023.

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Selain tempat pertemuan pertama kali Nabi Adam dan Siti Hawa di bumi, Jabal Rahmah juga merupakan lokasi Nabi Muhammad SAW saat menerima wahyu terakhir yakni Alqur'an Surat. Almaidah, di mana ketika itu Rasulullah SAW tengah melakukan wukuf.

Peristiwa penting lainnya yang terjadi di Jabal Rahmah adalah saat Nabi Ibrahim A.S. menyadari mimpi yang datang tiga kali dari Allah SWT, yang memerintahkan melakukan sebuah pengorbanan dengan menyembelih anaknya, Ibrahim.

Sebagai tempat penuh historis, tidak heran Jabal Rahmah tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama mereka yang merupakan jamaah haji dan umrah yang datang ke Arab Saudi.

Jika akhirnya anda bisa menginjakkan kaki di Jabal Rahmah, jangan terkejut saat melihat banyak pedagang cenderamata di puncaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya