Kronologi Pertemuan Komunitas LGBT se-ASEAN di Jakarta Batal Digelar

Komunitas LGBTQ di Turki
Sumber :
  • The Independent

Jakarta – Penyelenggaraan ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) yang diorganisir ASEAN SOGIE Caucus dikabarkan batal digelar pada 17-21 Juli 2023 mendatang di Jakarta.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Perwakilan ASEAN SOGIE Caucus mengatakan acara AAW batal digelar di Indonesia lantaran mereka menerima serangkaian ancaman keamanan dari berbagai pihak.

Aksi penolakan LGBT (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVAnews/Andri Mardiansyah
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Pembatalan ini, kata mereka, demi keselamatan dan keamanan bagi partisipan dan panitia yang terlibat dalam acara tersebut. Adapun besarnya gelombang ‘anti LGBT’ di media sosial juga menjadi alasan mereka membatalkan AAW.

Mereka menegaskan bahwa acara tersebut adalah dialog dengan kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk pihak yang didiskriminasi berdasarkan orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, dan karakteristik seks mereka (SOGIESC).

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Visi bersama kami tentang kawasan ASEAN yang inklusif didasarkan pada keberadaan ruang aman bagi masyarakat sipil dan pemegang hak untuk belajar tentang lembaga tersebut. Untuk membahas masalah yang penting bagi mereka," ujar perwakilan ASEAN SOGIE Caucus dalam rilis resmi mereka, dikutip Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut mereka, acara tersebut juga membahas sejumlah isu tentang ancaman terhadap eksistensi kehidupan dan martabat yang merupakan bagian dari kenyataan sehari-hari yang dihadapi kelompok LGBTQIA+

"Kebencian di dunia maya, serangan langsung terhadap para pembela hak asasi manusia, serta pembalasan terhadap pelaksanaan hak-hak sipil dan politik, merupakan masalah yang kami hadapi dan harus ditangani oleh pemerintah," kata ASEAN SOEGI Caucus.

LGBTQ di Uganda

Photo :
  • PinkNews

Terpisah, Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hirbak Wahyu Setiawan menyebut tidak ada tanda terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan komunitas LGBT se-ASEAN yang akan digelar pada 17-21 Juli mendatang.

Terkait hal ini polisi telah melakukan penelusuran ke sejumlah hotel di Ibu Kota dan hasilnya nihil. “Pada waktu informasi itu muncul, kita cek nggak ada,” ucapnya kepada awak media Rabu 12 Juli 2023.

Hirbak memastikan sejauh ini tidak ada pengajuan perizinan oleh pihak penyelenggara, yaitu ASEAN SOGIE Caucus kepada pihak kepolisian.

bendera LGBTQ

Photo :
  • WION

MUI tegas menolak diselenggarakannya AAW di Indonesia

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar abbas meminta agar pemerintah tak memberi izin para kaum Sodom menggelar acara di Indonesia.

"MUI mengingatkan dan mengimbau pihak pemerintah agar jangan memperkenankan dan memberi izin terhadap diselenggarakannya acara tersebut," kata Anwar dalam keterangannya, Selasa 11 Juli 2023.

bendera LGBT

Photo :
  • vstory
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya