2 Tahun Ditinggal Suaminya, Wanita Ini dapat Lahirkan Anak, Kok Bisa?

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

VIVA Trending – Seorang wanita Inggris telah melahirkan bayi setelah dua tahun suaminya meninggal karena tumor otak. Dia berhasil memiliki bayi dari pasangannya melalui IVF (in vitro fertilization).

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Dilansir ITV, Selasa, 18 Juli 2023, Lauren McGregor, yang tinggal di dekat Hale Village, Cheshire, kehilangan suaminya, Chris (37) pada Juli 2020. Tapi Chris telah menyimpan spermanya sebelum menjalani radioterapi dan kemoterapi yang melelahkan, dan Lauren melahirkan bayi laki-laki mereka, Seb, pada Mei 2022 lalu.

2 Tahun Ditinggal Suaminya Wanita Ini dapat Lahirkan Anak

Photo :
  • Istimewa
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dengan keberhasilan memiliki bayi dari suaminya yang telah meninggal, Lauren mendukung seruan untuk penelitian lebih lanjut tentang tumor otak.

Tanda-tanda peringatan tentang kondisi Chris sudah muncul pada tahun 2013 ketika dia mulai mengalami hot flushes. Dia awalnya didiagnosis menderita flu dan dipulangkan dari kerja. Tetapi ketika dia mulai lupa pada namanya, Lauren mulai curiga ada sesuatu yang salah.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

"Chris menelepon saya dari tempat kerja. Penerimaannya buruk, dan kami terputus," katanya.

"Kami selalu sepakat dia akan menelepon kembali jika itu pernah terjadi, tetapi dia tidak menelepon. Dia menelepon beberapa saat kemudian untuk memberi tahu saya bahwa dia akan dikirim pulang," ujarnya.

"Dia mengatakan kepada saya bahwa dia tidak menelepon saya kembali sebelumnya, karena dia tidak tahu siapa nama saya. Saya mengantarnya ke rumah sakit, tetapi perawat tidak terlalu mengkhawatirkannya dan mengatakan dia harus melanjutkan pengobatan flunya, tapi saya memohon mereka untuk memindai kepalanya," papar Lauren, seperti dikutip dari ITV.

"Saya hanya punya firasat bahwa ada sesuatu yang tidak beres."

CT scan mengungkapkan tumor dan dia didiagnosis dengan astrocytoma, jenis tumor otak yang umum pada orang dewasa dan anak-anak, pada Desember 2013. Lauren mengatakan dia kaget ketika dia meneliti kondisi tersebut dan menemukan umur rata-rata adalah 10 tahun.

Chris diberi steroid untuk mengurangi pembengkakan di sekitar otaknya, dan dia diberi obat antikejang karena mengira dia mungkin menderita epilepsi. Ahli bedah di Walton Center di Liverpool telah mengangkat 95 persen tumor.

Pada Januari 2017, Chris, yang juga ayah dari Wade (19), memulai enam minggu radioterapi dan enam bulan kemoterapi setelah pemindaian menunjukkan bahwa tumornya telah tumbuh.

2 Tahun Ditinggal Suaminya Wanita Ini dapat Lahirkan Anak

Photo :
  • Istimewa

Karena perawatan tersebut kemungkinan besar akan memengaruhi kesuburan Chris, dia menyimpan spermanya. Chris dan Lauren kembali menjalani kehidupan normal. Namun pada November 2019, Chris mengatakan merasakan tekanan di kepalanya lagi.

Setahun kemudian Lauren memulai IVF menggunakan sperma beku milik Chris dan dia mengetahui bahwa dia hamil pada 12 September.

Dia sekarang menambahkan suaranya ke kampanye oleh badan amal Brain Tumour Research untuk membantu mengumpulkan 100.000 tanda tangan pada petisinya untuk meningkatkan dana penelitian, dengan harapan mendorong debat Parlemen.

"Tumor otak membunuh lebih banyak anak-anak dan orang dewasa di bawah usia 40 tahun daripada kanker lainnya, tetapi pemerintah memberikan begitu sedikit untuk meneliti penyakit ini," papar Lauren.

"Kami memiliki pembunuh besar-besaran, tetapi pemerintah tidak melakukan apa-apa, tampaknya tidak adil," katanya.

Badan amal tersebut menyerukan kepada pemerintah untuk membatasi dana £110 juta saat ini dan dana baru untuk memulai peningkatan investasi nasional dalam penelitian tumor otak menjadi £35 juta per tahun pada tahun 2028.

Matthew Price, manajer pengembangan komunitas di Brain Tumour Research, berkata: "Kami sangat berterima kasih kepada Lauren karena telah mendukung petisi kami dan membantu meningkatkan kesadaran."

"Sudah terlalu lama pemerintah menempatkan tumor otak pada tumpukan 'terlalu sulit untuk dipikirkan'. Lima tahun setelah pemerintah mengumumkan £40 juta untuk penelitian kanker otak, hanya £15 juta yang telah dihabiskan," katanya.

"Pasien dan keluarga terus dikecewakan oleh sistem pendanaan yang dibangun secara silo dan tidak sesuai dengan tujuan."

"Jika setiap orang dapat meluangkan beberapa menit untuk menandatangani dan berbagi, kami akan segera mencapai 100.000 tanda tangan yang kami butuhkan dan membantu kami dan obatnya, membawa harapan bagi keluarga yang orang-orang terkasihnya terkena tumor otak," kata Price.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya