Merinding, Viral Penangkapan Ular Besar yang Lebih Tinggi dari Manusia

Penangkapan Ular Besar yang Lebih Tinggi dari Manusia
Sumber :
  • The Guardia

Florida – Belum lama ini dua pemburu bernama Stepehen Gauta dan Jake Waleri menangkap seekor ular di Florida. Ular itu berukuran sangat besar dan panjang dari tinggi manusia, diyakini ular itu berjenis piton Burma yang terbesar dalam catatan di Amerika Serikat.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Ular tersebut memang legal diburu karena dianggap sebagai hama yang memangsa fauna asli di sana.

Penangkapan Ular Besar yang Lebih Tinggi dari Manusia

Photo :
  • The Guardia
Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Dilansir dari The Guardian, Jumat, 21 Juli 2023, dua pemburu itu menangkap ular besar itu di cagar alam Big Cypress dekat dengan Everglades di Floder. Mereka kemudian membawa ular tersebut ke Conservancy of Southwest Florida.

Setelah diukur, ular itu memiliki panjang 5,7 meter, yang merupakan rekor panjang baru yang terdokumentasi dan beratnya 56 kilogram. Waleri mengatakan ular sebesar itu sangat sulit kala menangkapnya.

Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi

"Awalnya saya memegang ekornya. Dan kemudian salah satu teman mengambil jaring dan coba menjepit kepalanya, dan kami segera sadar itu bukan strategi kemenangan. Ini satu-satunya ular yang membuat saya takut," kata Waleri, yang telah berburu ular sejak tahun 2020.

Ahli biologi di konservasi, Ian Easterling, mengatakan ada tanda-tanda ular dari spesies ini bertambah besar seiring waktu. "Sekarang kami memiliki bukti yang jelas. Materi genetiknya mungkin terbukti berharga untuk pemahaman tentang populasinya Florida selatan," cetusnya.

"Memprihatinkan karena ular ini semakin besar setiap tahunnya. Kita perlu menarik betina besar keluar dari ekosistem sebelum mereka bertelur," tambah Waleri.

Piton Burma berasal dari Asia Tenggara. Ular ini dianggap sebagai spesies invasif di Florida. Ular ini memiliki populasi besar di sekitar Florida Everglades dan telah terbukti merusak satwa liar asli, meskipun banyak upaya selama beberapa tahun terakhir untuk mengurangi jumlah mereka.

The Everglades Cooperative Invasive Species Management Area menyebut ular piton Burma merupakan ancaman bagi satwa liar asli dan ekosistem Florida selatan. "Kehadiran mereka telah menyebabkan penurunan drastis populasi mamalia Everglades," sebut mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya