Tebing Kelingking Nusa Penida Kebakaran, 25 Turis Sempat Tejebak

Tebing Kelingking Nusa Penida Bali Kebakaran
Sumber :
  • Tiktok

Bali – Semak belukar yang tumbuh di tebing Kelingking, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kebakaran pada Minggu, 30 Juli 2023 lalu sekitar pukul 16.30 WITA.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Melalui video yang dibagikan akun TikTok adolvodive Senin, 31 Juli kemarin, tampak api membakar sebagian pepohonan yang tumbuh di tebing Kelingking hingga menimbulkan asap yang cukup pekat.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sebanyak 25 orang wisatawan yang berada di Pantai Kelingking sempat terjebak lantaran akses jalan sempat tertutup api.

Informasi dihimpun, Selasa 1 Agustus 2023, Pemadam Kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 17.30. petugas Damkar langsung melakukan tindakan dengan menyemprotkan air ke titik api.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 18.30 WITA, baru satu jam kemudian atau pada pukul 19.30 sebanyak 25 wisatawan yang terjebak di Pantai Kelingking dipersilahkan naik ke atas.

Penyebab kebakaran belum diketahui

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati mengungkap, kebakaran rumput liar di tebing Kelingking tersebut bukan yang pertama kalinya. Dia mengungkap kebakaran di lokasi yang sama sempat terjadi pada tahun 2018.  

Terkait itu, pihaknya akan membuat imbauan hal yang tidak boleh dilakukan saat mengunjungi Pantai Kelingking. Di antaranya larangan mmebuang punting rokok sembarangan.

“Segera akan kami buat imbauan tersebut. Meski sempat terjadi kebakaran, akses jalan menuju Pantai Kelingking masih bisa diakses. Wisatawan juga ada yang sudah turun ke pantai,” ujarnya kepada awak media, Selasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya