Viral Polisi Menilang Seorang Profesor Hukum Berujung Diceramahi

Viral Polisi Menilang Seorang Profesor Hukum Berujung Diceramahi
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Trending – Muncul kembali video yang sangat menarik perhatian para netizen. Seorang Polantas atau Polisi Lalu Lintas tampak kebingungan begitu berdebat dengan seorang profesor mengenai rambu lalu lintas, video ini sebenarnya viral tahun 2019 lalu, tetapi kini ramai lagi setelah diunggah oleh salah satu akun Instagram @.fyi.faktaa.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Pria yang mengaku profesor hukum tak terima ketika mau ditilang Polantas karena tidak merasa melanggar rambu lalu lintas. Pria tua itu menanyakan hukum dasar Polantas yang akan menilang dirinya sendiri. Karena dalam rambu lalu lintas tidak ada tulisan larangan kendaraan roda empat dilarang memutar balik.

Viral Polisi Menilang Seorang Profesor Hukum Berujung Diceramahi

Photo :
  • Tangkapan Layar
Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

“Roda dua putar kembali ikuti isyarat lampu (sambil membaca papan rambu lalin). Kalo roda dua putar ikuti isyarat lampu. Yang mana yang tidak boleh roda empat putar? Apa dasar hukumnya? Saya profesor hukum saya ini,” kata si pria tua dalam video tersebut.

"Namanya siapa namanya (sambil membuka rompi polisi)," tanya pria tua kepada Polantas itu.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

"Mutasor," jawab polisi sambil tersenyum.

Dapat pertanyaan dari pria itu, Polantas hanya bisa menutupi kebingungannya dengan senyum.

“Itu kamu tangkap (sambil menunjuk pengendara lain), saya ditangkap, apa itu artinya rambu ini? Saya profesor hukum saya ini. Kalo ini rambu bukan larangan, kalau pun anda penegak hukum anda harus tau apa artinya. Apa artinya ini? Coba renungkan,” lantang pria ini.

Sang polantas makin bingung, dia gak menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari pria tua itu.

"Itu apa, sekarang yang larang roda 4 putar yang mana? Boleh roda 4 itu. Kecuali roda 2 putar ikuti isyarat lampu. Berarti roda 4 tidak ikuti isyarat lampu," tegas pria berkaca mata ini.

"Renungkan kalau anda penegak hukum. Ayo renungkan itu. Temanmu sudah gak berani di sini kerena sudah tak datangi, kamu sekarang ada sendiri.”

“Kalau kamu tilang aku, aku gugat pasti kamu kalah di pengadilan. Yakin aku yakin pasti menang. Kasihan lah masyarakat, sekarang pintar masyarakat,” tutur si pria.

Sang polantas makin gelapan lagi karena ada seseorang yang merekam bilang, "Dan anehnya dia parkir di bawah itu lagi. Itu gak ada kecuali petugas parkir di situ."

Rupanya mobil polisi parkir di depan rambu dilarang parkir.

"Itu melawan hukum," ucap pria tua itu.

Dengan malu-malu polisi itu bilang, "iya lah nanti..."

"Iya lah..." jelas sang pria itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya