Viral ATM Rusak Ramai Diserbu Warga, Saldo Nol Bisa Keluarkan Belasan Juta

Ilustrasi transaksi di ATM
Sumber :
  • www.pixabay.com/mrganso

VIVA Trending – Belum lama ini beredar insiden viral yang memberitakan masin sebuah ATM eror, pasalnya ATM tersebut dapat mengeluarkan uang belasan juta di wilayah Dublin, Irlandia.

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

Dilansir dari DW, Senin, 21 Agustus 2023, disebutkan bahwa seorang pria bisa menarik uang sebesar Rp16 Juta rupiah, padahal saldo di ATM nya NOL.

Viral ATM Ramai Diserbu Warga Gegara Error

Photo :
  • Tangkapan Layar
Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

Mendengar kabar ATM tersebut error, warga lainnya pun ikutan untuk mengatre di mesin ATM dan berharap dirinya bakal seberuntung laki-laki yang mendapat uang belasan juta tersebut.

"Saya tidak tahu ini akan menimbulkan masalah atau tidak, tapi layak dicoba," kata seorang pria di Dublin yang sedang mengantre, seperti dikutip dari dw.com.

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Video yang memperlihatkan kerumunan di sebuah ATM itu viral di sosial media. Di dalam video terlihat kerumunan warga yang dengan tertib berbaris untuk menunggu gilirannya untuk menggunakan mesin ATM yang error tersebut.

Kepolisian setempat menurunkan petugasnya untuk menjaga ketertiban di sejumlah lokasi gara-gara masalah ini.

Meski demikian, juru bicara kepolisian menyatakan bahwa penerjunan pasukan itu berdasarkan kebutuhan. Adapun pihak bank mengatakan telah menghubungi otoritas, namun tidak meminta polisi untuk menjaga ATM milik mereka.

Pihak bank juga mewanti-wanti nasabahnya bahwa setiap transaksi yang mereka lakukan tetap akan tercatat oleh sistem bank. "Transfer dan penarikan akan tetap berlaku untuk nasabah hari ini," kata pihak bank.

Ilustrasi transaksi di ATM

Photo :
  • www.pixabay.com/jarmoluk

"Kami meminta nasabah yang mengalami kesulitan untuk penarikan untuk menghubungi kami.

Sejumlah ahli menilai bahwa Bank of Ireland perlu meningkatkan IT sistem mereka. Sebelumnya, Bank Sentral Irlandia juga sudah memperingatkan soal adanya celah di sistem IT bank itu.

Bank sentral menyatakan tetap melakukan pengawasan dan membantu sampai masalah yang dialami Bank Irlandia terselesaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya