Merinding, Tornado Muncul di Tengah Kebakaran Bromo yang Tak Kunjung Usai

Tornado Muncul di Tengah Kebakaran Bromo yang Tak Kunjung Usai
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Malang – Kebakaran Bromo terlihat masih berikobar hingga pemberitaan ini dibuat. Hingga saat ini, api yang dipicu oleh gejolak saat kegiatan prewedding itu masih belum bisa padamkan. Ganasnya kebakaran itu terlihat dari sebuah video viral yang diunggah oleh salah satu akun X (twitter) @.callmetod menunjukkan adanya tornado api.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dari video yang beredar di sosial media, tampak api masing membumbung dan membakar savana tersebut terangkat ke atas. Api itu tampak berputar karena terkena angin puting beliung yang hadir di area kebakaran.

Tornado Muncul di Tengah Kebakaran Bromo yang Tak Kunjung Usai

Photo :
  • Tangkapan Layar
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Telihat juga di lain video angina putingg beliung muncul ditengah-tengan kebakaran. Di dalam video terlihat orang-orang yang masih berusaha untuk memadamkan kobakarn api yang ada di Savana Bromo.

Adanya tornado api itu juga dibenarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Fenomena tornado itu sebenarnya biasa terjadi di wilayah savana. Hanya saja, lantaran ada kebakaran, api yang menjalar kawasan savana ikut berputar dan terangkat naik.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Hingga saat ini petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan kebakaran Bromo. Upaya pemadaman juga dilakukan dengan water bombing. Fokus pemadaman berada di wilayah Blok Watangan dan sekitarnya.

Pengambilan air dilakukan helikopter water bombing dari wilayah Wringinanom, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Helikopter kemudian bergerak menuju titik api yang membakar kawasan Gunung Bromo.

Lantas video viral yang memperlihatkan Tornado api itu mengundang banyak reaksi netizen yang mengecam tindakan awal mula munculnya yang disebabkan karena dilakukannya preweddy menggunakan flare:

Wah bangke sih nih. Belum kelar ternyata kebakarannya. Uniknya sampai sekarang identitas kedua pasangan itu masih belum ketauan siapa.... Pasti bukan manusia2 kalangan menengah bawah..” Tulis netizen dalam kolom komentar.

ya Allah serem   cuma kepikiran kalo alam balik ngebales gara2 oknum yang ga mikir risknya sama sekali.” Tulis netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya