Geger 12 Orang Keracunan Ikan Sarden, 1 Orang Dilaporkan Tewas

ilustrasi sarden
Sumber :

Prancis – Belum lama ini negara Prancis sedang digegerkan dengan kejadian yang tak biasa, yaitu orang-orang mengalami keracunan setelah memakan ikan sarden. Insiden itu bahkan menyebabkan seorang perempuan meninggal dunia.

Diduga Keracunan, Satu Keluarga Ditemukan Tewas Didalam Mobil

Dilansir dari NYTimes, Kamis, 14 September 2023, mengungkapkan peristiwa itu terjadi karena botulisme setelah mereka memakan ikan sarden di sebuah restoran minggu lalu. Disebutkan juga bahwa terdapat 12 orang yang mengalami sedang menjalani perawatan dengan lima orang dipasangakan alat bantu pernapasan.

Ilustrasi sarden kalengan

Photo :
  • Pixabay/pexels
Sekeluarga Keracunan AC Mobil saat Mudik, Hotman Respons Menohok Romo Magnis

Kejadiannya tepatnya berlangsung pekan lalu di Barat Daya Prancis. Ikan sarden yang menimbulkan botulisme itu merupakan penyakit neurologi serius yang biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak diawetkan dengan benar.

"Restoran di Bordeaux, barat daya Prancis, telah mengawetkan ikan sarden itu sendiri," kata otoritas kesehatan setempat.

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

"Kewarganegaraan wanita yang meninggal tersebut, berusia 32 tahun, belum ditentukan," tambah informasi memuat pernyataan sumber yang mengatakan rata-rata korban adalah warga negara asing.

Botulisme bisa mematikan pada lima hingga 10% kasus. Ini akibat bakteri clostridium botulinum yang dapat muncul ketika makanan yang disterilkan.

Dalam beberapa kasus lain, ini bisa menyebabkan kelumpuhan otot yang berlangsung selama beberapa minggu. Namun bahaya paling langsung berasal dari otot pernapasan yang terinfeksi.

Ilustrasi keracunan.

Photo :
  • Pixabay

Sementara itu, surat kabar lokal Sud-Ouest mengutip pemilik restoran yang mengatakan bahwa dia telah membuang beberapa toples berisi sarden karena "bau menyengat" yang keluar dari wadahnya ketika dia membukanya. Namun sebagian lainnya "tampak dalam kondisi baik dan diberikan kepada pelanggan".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya