Viral Emak-Emak Isi Bensin BeAT Pakai Pertamax Turbo, Ini Kata Ahli

Emak-emak Isi Honda Beat dengan Pertamax Turbo
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Momen seorang ibu atau emak-emak mengisi motor Honda BeAT dengan bahan bakar minyak (BBM) Pertamax Turbo viral di media sosial Rabu, 13 September 2023.

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Dalam video yang dibagikan akun TikTok kimzizs, terlihat ibu itu menuntun motornya ke depan pompa bensin. Kemudian seorang petugas SPBU mengambil nozzle berwarna merah yang identik dengan Pertamax Turbo. Nozzle merah itu kemudian dituangkan ke lubang bensin motor Honda BeAT.   

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Hidup lagi cape-capenya. Ada ibu-ibu bawa beat ngisi turbo. Mungkin Beat-nya bore up,” tulis keterangan unggahan seperti dikutip, Kamis 14 September 2023.

Sejak artikel ini dibuat, video berdurasi 8 detik itu telah ditonton lebih dari 7,6 juta kali, mendapatkan 192 ribu like dan 7.229 komentar.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Tidak sedikit warganet yang mengatakan bahwa Pertamax Turbo tidak cocok digunakan untuk BeAT dengan cubicle centimeter (cc) 110.

Lantas benarkah pendapat tersebut?

Saat dikonfirmasi, Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jaya Sentanuhady mengatakan bahwa sebaiknya kendaraan tidak diisi dengan BBM yang memiliki oktan atau RON yang lebih rendah.

Adapun, dalam kasus ini Jaya mengatakan Honda BeAT diperbolehkan mengisi Pertamax Turbo. Hal ini dikarenakan Pertamax Turbo memiliki RON 98.

Petugas mengisi kendaraan konsumen dengan BBM jenis Pertamax Turbo di SPBU Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

“Kalau diisi bensin yang angka oktannya lebih rendah, itu yang tidak boleh karena bisa terjadi knocking pada mesin,” ujarnya kepada awak media, Kamis, 14 September 2023.

Knocking adalah permasalahan yang terjadi akibat kesalahan penggunaan bahan bakar dan erat kaitannya pada munculnya deposit atau endapan karbon.

Tapi, Jaya menegaskan jika sepeda motor diisi dengan angka oktan terlalu tinggi dari yang direkomendasikan juga tidak baik, karena mesin akan menimbulkan suara kasar.

Bukan memberikan peningkatan performa, bahan bakar dengan oktan tinggi justru bisa memberikan kendala pada motor dengan cc rendah.

Dianjurkan pengguna mengikuti anjuran pabrik terkait nilai oktan bahan bakar yang diguakan. Agar performa dan kualitas mesin dapat terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya