Bima Arya Ungkap Harga Pungli Kursi PPDB 2023 Kota Bogor, Nilainya Fantastis

Bima Arya Ungkap Harga Pungli Kursi PPDB 2023 Kota Bogor di Podcast Deddy
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Trending – Baru-baru ini Wali Kota Bogor, Bima Arya mengungkapkan fakta mengejutkan terkait pungutan liar (pungli) dalam praktek jual beli kursi sekolah di Kota Bogor.

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Hal tersebut diungkapkan Bima Arya kepada Deddy Corbuzier saat hadir dalam undangan podcast bertajuk 'Close The Door' tersebut. Bima Arya mengungkapkan bahwa pungli kursi PPDB 2023 Kota Bogor tersebut nilainya fantastis.

Bima Arya Ungkap Harga Pungli Kursi PPDB 2023 Kota Bogor di Podcast Deddy

Photo :
  • Tangkapan Layar
PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

Hal itu juga yang membuat Deddy Corbuzier terkejut. Dikutip dari podcast 'Close The Door', Bima ditanya oleh Deddy. Sang mantan pesulap menanyakan soal uang yang mengalir dalam praktik pungli di sekolah. Ini juga yang belakangan memang banyak ditindaklanjuti oleh Bima.

"Kalau pungli sekolah itu seberapa uang yang kita bicarakan ini pak," tanya Deddy kepada politisi partai PAN tersebut.

Sespri Iriana Jokowi Sendi Fardiansyah Daftar Calon Wali Kota Bogor dari Gerindra

Bima lalu menjelaskan contoh pungli yang terjadi yaitu pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pada prosesi itu, terdapat praktik jual beli kursi di mana nilai satu kursinya bisa sangat fantastis. Kendati begitu, Bima tidak menyebutkan contoh sekolahnya.

"Gini yang PPDB tadi ya, yang orang bayar itu terindikasi untuk satu kursi gitu, bisa ada yang mau bayar sampai Rp20-30 juta," katanya.

Mendengar hal itu, Deddy pun sempat kaget dan dibuat terdiam. Bima juga mengungkap bahwa di setiap sekolah, siswa baru yang diterima bisa sampai ratusan.

"Sedangkan di satu sekolah itu kan bisa ada ratusan," kata dia.

Deddy lantas menanyakan ulang masalah itu. Dia sangsi bahwa praktik tersebut terjadi di setiap sekolah.

"Ya Tapi kan enggak semuanya, tuh pasti (hanya) berapa doang kan yang diperjual belikan?" tanyanya.

Bima Arya Ungkap Harga Pungli Kursi PPDB 2023 Kota Bogor di Podcast Deddy

Photo :
  • Tangkapan Layar

Menurut Bima, di satu sekolah praktik itu bisa saja tidak hanya satu atau dua saja. Jual-beli kursi bisa sangat banyak tergantung kekosongan peserta didiknya.

"Masa satu dua (kursi dijual), ya bisa banyak," ujar Bima sambil tersenyum. Deddy menanyakan lagi apakah jual beli kursi terjadi bisa mencapai puluhan transaksi. "Satu sekolah bisa aja," jawab Bima.

Deddy Corbuzier pun memperkirakan keuntungan sekolah bisa sampai ratusan juta. Sementara Bima Arya mempertegas, bahwa itu baru terjadi di satu kuota saja. "Oh, jadi kita bicara ratusan juta lebih?" kata Deddy Corbuzier. "Oh iya itu dalam satu kuota," ujar Bima Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya