3 Daerah Terkuat dengan Ilmu Sakti dan Berbahaya di Tanah Sunda

Ilustrasi Tempat Angker
Sumber :

Jawa Barat – Pada zaman dahulu, beberapa daerah di Tanah Sunda dikenal memiliki ilmu sihir, kanuragan, hingga santet yang cukup berbahaya. Tanah Pasundan sendiri memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang identik dengan ilmu paling berbahaya. Suku Sunda ini juga menjadi salah satu kelompok etnis yang berada di bagian barat Pulau Jawa

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Masyarakat Sunda dikenal memiliki sikap yang ramah, riang, dan sopan. Namun, di balik keramahannya bisa menjadi lebih tegas dan berontak jika merasa terganggu. Tanah Sunda sendiri memiliki beberapa daerah yang sudah ditetapkan sebagai susunan yang memiliki ilmu kesaktian yang sangat kuat dan berbahaya. Nah, berikut ulasan selengkapnya, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Banten

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Hotel angker di Jepang

Photo :

Banten dikenal sebagai salah satu wilayah Sunda yang identik dengan tempat pendekar atau jawara sakti di Indonesia. Pada zaman dulu, daerah paling barat di Pulau Jawa ini sudah lama dikenal memiliki ciri khas dalam ilmu kebal dan santet. Hampir setiap wilayah yang ada di Banten memiliki perguruan pencak silat dan bahkan sudah dikenal hingga ke luar negeri. 

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Banyak orang yang memburu kesaktian datang langsung ke Banten, buka dari kalangan masyarakat biasa, tapi ada juga dari kalangan tertentu. Ilmu kesaktian yang dimiliki Banten ini terbagi atas dua jenis, yaitu ilmu putih dari kyai atau ulama dan ilmu hitam yang berasal dari para dukun atau jawara di pedalaman. 

Selain Itu, Banten juga dikenal mempunyai sejumlah tempat keramat yang menjadi sumber energi untuk mengolah ilmu kanuragan, salah satu yang diketahui masyarakat adalah Gunung Garang dan kawasan Baduy. Menurut salah satu sumber dari orang Baduy, mereka memang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. 

Hutan dan pondok kayu.

Photo :
  • Times of India.

Zaman dulu, Sukabumi juga dikenal menjadi salah satu daerah dengan ilmu kesaktian, sihir, dan santetnya. Salah satu daerah Sukabumi yang dikenal kerap menerapkan ilmu tersebut adalah Jampang. Banyak orang yang masih meyakini bahwa Jampang masih menjadi tempat orang-orang sakti di sana. 

Menariknya, Jampang sendiri dikenal menjadi salah satu wilayah para jagoan sejak zaman Belanda. Masyarakat di daerah ini memiliki ketertarikan dalam ilmu kanuragan sehingga banyak orang Jampang yang menguasai ilmu kesaktian. Bahkan, ada tokoh silat Betawi beranam Si Jampang yang berasal dari Sukabumi. 

hutan risoud

Photo :
  • myvalleedejoux.ch

Daerah terkuat di Tanah Sunda berikutnya adalah Garut. Garut yang berada di wilayah selatan Jawa Barat ini dikenal dengan domba gartunya. Namun, wilayah ini juga dikenal dengan pusat jawara pakidulan hingga memiliki banyak tokoh dan perguruan silat di Garut yang sangat besar hingga terkenal ke beberapa negara. 

Selain memiliki jagoan silat, daerah ini juga dikenal dengan ilmu kuat terutama di wilayah hutan Sancang menjadi pusat magis di Garut. Menurut masyarakat setempat, Hutan Sancang ini diyakini menjadi petilasan Prabu Siliwangi dan dihuni oleh pasukannya. Hutan tersebut juga diyakini menjadi tempat ilmu sihir dan santet di Garut. 

Namun, di luar itu semua apakah semua informasi di atas itu benar adanya atau tidak, masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut. Meski demikian, cerita-cerita sejenis ibarat urban legend tentu saja dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia, termasuk di Tanah Sunda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya