Kuburan Dukun Wanita Dibongkar, Isinya Penuh Barang Mengerikan Ini

Ilustrasi dukun
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Trending – Sebuah situs kuburan berusi 12.000 tahun di Israel berisi persembahan dibongkar, kuburan yang di dalamnya ada 50 cangkang kura-kura dan kaki manusia, dan tampaknya merupakan salah satu kuburan paling awal yang diketahui merupakan bagian dari seorang dukun wanita.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Dilansir dari Live Science, Sabtu, 6 Oktober 2023, sisa-sisa tersebut ditemukan di sebuah gua kecil bernama Hilazon Tachtit, yang berfungsi sebagai tempat pemakaman setidaknya ada 28 orang. Makam wanita itu, yang kemungkinan besar adalah seorang dukun, dipisahkan dari jasad-jasad lainnya oleh dinding batu yang melingkar.

Ilustrasi dukun

Photo :
  • Pixabay
Polisi Bongkar Makam Pria Diduga Eks Casis Bintara TNI AL yang Dibunuh Serda Adan

Barang-barang kuburan lainnya yang terkubur di dalam dinding itu termasuk tulang ekor dari jenis sapi yang telah punah yang disebut auroch, tengkorak dari dua marten batu (anggota keluarga musang), bagian sayap bertulang dari elang emas, lengan bawah babi hutan, dan panggul yang hampir lengkap dari macan tutul.

"Apa yang tidak biasa di sini adalah ada begitu banyak bagian yang berbeda dari hewan yang berbeda yang tidak biasa, yang jelas-jelas diletakkan di sana dengan sengaja," kata peneliti Natalie Munro, seorang arkeolog kebun binatang di University of Connecticut.

Kirim Gambar Kuburan di Chat, Anak Anggi Pratama: Daddy, Mami di Sini

Perawatan ini bersama dengan bagian-bagian hewan menunjukkan bahwa kuburan tersebut milik anggota penting masyarakat dan mungkin seorang penyembuh yang disebut dukun, para peneliti menyimpulkan dalam penelitian mereka yang diterbitkan minggu ini oleh jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Dukun tersebut menjadi perantara antara dunia manusia dan dunia roh, dan sering kali meminta bantuan roh hewan dalam pencarian mereka, menurut para peneliti.

Hidupnya Sangat Sulit

Wanita itu berusia sekitar 45 tahun saat meninggal dan berdasarkan pengukuran tengkorak dan tulang panjangnya, tingginya sekitar 1,5 mete). Keausan pada giginya dan tanda-tanda penuaan lainnya pada tulang-tulangnya menunjukkan bahwa wanita itu relatif tua pada masanya.

Kemungkinan besar ia pincang atau menyeret kakinya, para peneliti berspekulasi, karena perpaduan tulang ekor dan sakrum bersama dengan deformasi panggul dan tulang belakang bagian bawah.

Kaki manusia yang tergeletak di samping tubuh berasal dari individu dewasa yang jauh lebih besar daripada wanita itu.

Kuburan Dukun Wanita

Photo :
  • Live Science

"Yang menarik adalah itu hanya kaki," kata Munro kepada LiveScience.

"Dia tidak terganggu, tapi bagian tubuh manusia lain pasti dimasukkan ke dalam kuburan. Ini bisa jadi terkait dengan fakta bahwa mereka kadang-kadang memindahkan bagian tubuh mereka, tapi kami tidak tahu mengapa."

Setidaknya 10 batu besar telah ditempatkan di kepala, panggul dan lengan individu yang dikuburkan, yang menurut para peneliti membantu melindungi tubuh dan menjaganya tetap pada posisi tertentu, atau mungkin untuk menahan tubuh di dalam kuburnya.

Di sekeliling tubuh dan di bawahnya terdapat cangkang kura-kura. Sebelum menyusun cangkang kura-kura di dalam kuburan selama ritual penguburan, manusia membuka cangkang kura-kura di sepanjang perut reptil (agar tidak memecahkan bagian belakang cangkang) dan menyedot dagingnya, mungkin untuk dimakan.

"Jadi mereka mengeluarkan isi perutnya dengan memecahkan perutnya, tapi membiarkan bagian belakangnya tetap utuh dan itu mungkin ada maknanya," kata Munro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya