Bukan Uang, Ini Bayaran yang Diterima Otto Hasibuan dari Keluarga Jessica Wongso

Pengacara Otto Hasibuan
Sumber :
  • Netflix

Jakarta – Kasus kopi sianida yang telah terjadi pada tahun 2016 lalu kembali menjadi pusat perhatian gegara film dokumenter dengan tajuk Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso di Netflix. Berbagai kejanggalan pun mulai terungkap hingga Jessica diduga bukan pelaku utama. 

Tertawa Terbahak Bahas Tak Punya Uang, Ria Ricis Singgung Teuku Ryan?

Ketika itu, Otto Hasibuan tampak bersikeras untuk membantu Jessica terbebas dari tuduhan sebagai pembunuh Mirna Salihin. Sebab, ia yakin bahwa Jessica Wongso bukan pelaku pembunuhan tersebut dan hanya menjadi korban kematian Mirna. 

Namun kini muncul pertanyaan berapa total bayaran yang diterima oleh Otto Hasibuan dari keluarga Jessica Wongso yang ternyata bukan seorang konglomerat. Otto Hasibuan mengaku bahwa ia tak menerima bayaran sepeserpun dari keluarga Jessica Wongso. 

Soal Kasus yang Menimpa Suaminya, Amanda Zevannya Kini Bernafas Lega

Pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan

Photo :
  • YouTube Karni Ilyas Club

Pada awalnya, Otto Hasibuan mengaku merasa kasihan dengan pihak keluarga Jessica Wongso yang memiliki harapan supaya dirinya bisa membantu mereka. Ketika itu, Jessica Wongso datang langsung ke rumah Otto Hasibuan dan mengutarakan niatnya. 

Dirjen PSP Kementan Bilang SYL Tak Pernah Minta Uang, Hakim Ingatkan Jangan Menyusahkan Diri

Otto Hasibuan mengaku bahwa dirinya sempat bimbang karena ia mengetahui kasus tersebut sudah ramai menjadi perbincangan masyarakat. Apalagi, sebenarnya dia sudah akan berangkat liburan bersama dengan keluarga ke Alaska, Amerika Serikat. 

Dengan berbagai pertimbangan, Otto Hasibuan akhirnya menyetujui permintaan dari pihak keluarga Jessica Wongso dan membatalkan liburannya hanya untuk menyelesaikan kasus tersebut. Namun, Otto Hasibuan sempat mengajukan syarat untuk keluarga Jessica Wongso. 

"Saya tidak dibayar sama sekali. Saya tegaskan disini saya tidak dibayar. Hanya pernah waktu itu bapaknya Jessica mengantarkan semangkuk bubur kepada saya dan tim saya, hanya itu," kata Otto Hasibuan dalam perbincangan dengan Karni Ilyas di akun Youtube Karni Ilyas Club dikutip VIVA, pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Syarat tersebut adalah jika Otto menemukan bahwa Jessica Wongso adalah pelakunya dan tidak mau mengakui perbuatan tersebut, maka Otto Hasibuan akan mundur. Otto juga menegaskan bahwa keluarga Jessica bukan dari orang yang kaya raya. 

Jessica Kumala Wongso mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut dia, keluarga Jessica adalah keluarga biasa saja bukan dari orang kaya yang selama ini diyakini oleh banyak orang. Otto kemudian memilih menjadi pengacara Jessica karena ia meyakini bahwa kliennya itu sebenarnya tidak bersalah. 

Di sisi lain, nama Otto Hasibuan sendiri tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebab, sebelum menangani kasus kopi sianida Jessica Wongso, ia sempat ditunjuk sebagai pengacara Setya Novanto  dalam kasus dugaan korupsi KTP Elektronik. 

Namun, berbeda dengan Jessica Wongso, saat menangani kasus Setnov, Otto Hasibuan tampaknya mendapatkan uang dan tidak serta merta memberikan waktunya secara cuma-cuma. Namun, ia tak mau mengungkap berapa biaya yang dikeluarkan Setnov. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya