Viral Video Umat Yahudi Pro Palestina: Hentikan Kriminal Perang Israel

Umat Yahudi bela Palestina
Sumber :
  • Twitter

VIVA Trending – Media sosial kini tengah "terbagi dua". Sejak perang besar-besaran meledak di Gaza, setelah Hamas menyerang dan membombardir pihak Israel tanpa aba-aba akhir pekan lalu, dukungan untuk kedua negara terus berdatangan.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Negara-negara di dunia membagi suaranya, seperti AS, Prancis dan Jerman yang secara resmi menyatakan dukungan mereka terhadap Israel, serta Arab Saudi, Iran dan Qatar yang berkata bahwa mereka ada di pihak Palestina.

Namun, ada sebuah video viral di media sosial yang "tak biasa" namun menyentuh hati. 

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Umat Yahudi bela Palestina

Photo :
  • Twitter

Dalam video yang dibagikan oleh akun @DailyLoud di X (sebelumnya Twitter), terlihat beberapa orang Yahudi malah lebih pro ke Palestina. Dilansir Rabu, 11 Oktober 2023, mereka berpakaian seperti umat Yahudi secara "khas", yaitu topi bulat, berjanggut panjang, serta jubah hitam dan scarf khas ibadah umat Yahudi. 

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Mereka tampak menyerukan sesuatu dan membawa papan yang bertuliskan "Hentikan kriminal perang Israel di Palestina", "State of Israel Does not Represent Authentic Jewry," "Bebaskan Jarussalem ke Palestina" hingga "Israel membunuh satu anak Palestina setiap 3 jam". 

Mereka juga membawa bendera Palestina serta atribut yang menggambarkan bendera Palestina, seperti selendang dan pin. 

Sebenarnya gerakan ini sudah lama ada. Diketahui, para umat Yahudi tersebut menentang Israel karena menolak zionis atau zionisme. 

Melansir Britannica, Zionis berasal dari istilah “Zion”, yang merupakan istilah Ibrani yang merujuk pada Yerusalem. Zionisme adalah upaya keagamaan dan politik yang membawa ribuan orang Yahudi dari seluruh dunia kembali ke tanah air kuno mereka di Timur Tengah. Mereka membangun kembali Israel sebagai lokasi sentral bagi identitas Yahudi.

Umat Yahudi bela Palestina

Photo :
  • Twitter

Meski begitu, beberapa kritikus menyebut zionisme sebagai ideologi yang agresif dan diskriminatif. 

Menurut kantor berita AP, jumlah korban tewas di kedua belah pihak telah melampaui 1.100 orang dan ribuan lainnya terluka ketika tembakan roket besar-besaran terus berlanjut di beberapa lokasi. 

Setidaknya 700 orang dilaporkan tewas di Israel dan lebih dari 400 orang tewas di Gaza, kantor berita tersebut menambahkan. Militer Israel menggempur Gaza dengan roket pada hari Minggu dan membunuh ratusan orang setelah serangan mendadak oleh Hamas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya