Lomba Sayembara Desain Logo Barantin Dimenangkan 'Orang Dalam', Warganet Geram

Lomba Desain Barantin
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Jakarta – Badan Karantina Indonesia (BARANTIN) baru saja menggelar lomba sayembara desain logo. Barantin sendiri merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 45 Tahun 2023 tentang Badan Karantina Indonesia. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Lembaga ini adalah integrasi dari tiga entitas yang melaksanakan fungsi perlindungan sumber daya alam hayati atau perkarantinaan di Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan dan Kelautan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Lembaga yang belum lama dibentuk itu menggelar sayembara desain logo dengan hadiah uang tunai senilai Rp10 juta. Sayembara logo ini adalah unsur pendukung yang dilaksanakan terbuka untuk umum dan ditetapkan batas pengirimannya pada 24 September lalu. 

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Lomba Desain Barantin

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Setelah beberapa hari dilaksanakan penilaian oleh dewan juri, muncul pemenang bernama Andi Yusmanto yang tidak lain adalah Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Badan Karantina Pertanian, Kementan RI.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

Pengumuman pemenang itu disampaikan secara langsung lewat media sosial Instagram Badan Karantina Pertanian @Barantan_ri. Dalam akun Instagram tersebut dikatakan bahwa Andi Yusmanto & Tim Manajemen Barantin berhasil menjadi pemenang sayembara logo Barantin. 

“Selamat kepada @andi_yusmanto sebagai pemenang #sayembaralogo #karantinaindonesia. Terima kasih kepada 438 peserta yang telah mengirimkan karya terbaiknya,” tulis akun resmi Barantan di Instagram yang dilansir pada Senin, 16 Oktober 2023. 

“Logo pemenang telah disesuaikan oleh Tim Manajemen Badan Karantina Indonesia, selanjutnya penggunaan akan menjadi hak panitia sepenuhnya. Sekali lagi terima kasih telah berperan aktif dalam mewujudkan Barantin #KUAT,” lanjutnya. 

Setelah diketahui bahwa Andi Yusmanto adalah pejabat Barantin, warganet menilai bahwa sayembara desain logo tersebut seakan-akan dimenangkan oleh ‘orang dalam’. Sontak saja nama Andi Yusmanto sempat menjadi perbincangan di media sosial terutama X atau Twitter. 

Warganet menilai bahwa logo yang telah dirancang oleh Andi Yusmanto tidak memiliki filosofi sama sekali dibanding dengan logo desain hasil karya anak bangsa yang lain. Warganet pun merasa sangat geram dengan keputusan yang diambil oleh dewan juri. 

“bener bangett kak, aku pas liat pengumumannya nyari nyari di mana logonya, pas tahu logonya kaya gimna . . . agak shock beratttt,” tulis warganet. 

"Ngadain lomba sendiri, dimenangkan sendiri, hadiahnya buat sendiri, oleh ketuanya sendiri  semoga cerita ini hanya ada di 1000 tahun yang lalu," timpal yang lain. 

“yang menang orang dalem... gapapa.. tetap semangat manusia kreatif di muka bumi,” ungkap yang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya