Savana Bromo Kini Kembali Hijau Pasca Kebakaran Gegara Flare Prewedding

Savana Bromo kembali menghijau pasca kebakaran
Sumber :
  • Instagram @explorebromo.tour

Jawa Timur – Savana di kawasan Gunung Bromo yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur, telah kembali hijau setelah mengalami kebakaran akibat flare yang dinyalakan ulah oknum tak bertanggung jawab saat melakukan foto prewedding. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Rumput dan ilalang di kawasan savana Gunung Bromo kini telah tumbuh kembali, menciptakan pemandangan hijau yang indah. Seperti diketahui, saat kebakaran savana Bromo sempat berubah menjadi warna abu karena hangus terbakar api. 

Savana Bromo kembali menghijau pasca kebakaran

Photo :
  • Instagram @explorebromo.tour
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Penampakan savana Bromo yang kembali hijau tersebut salah satunya diunggah oleh akun bernama @explorebromo.tour di media sosial Instagram. Dalam video yang diunggah, diperlihatkan penampakan savana Bromo yang kini kondisinya mulai kembali seperti semula setelah sebulan lebih pasca kebakaran. 

“Savana bromo 40 Hari setelah kebakaran.. kondisinya sudah mulai nampak kembali rumput yang menghitam kembali hijau kembali,” tulis keterangan dalam unggahan yang dikutip dari @explorebromo.tour pada Rabu, 18 Oktober 2023. 

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Savana Bromo kembali menghijau pasca kebakaran

Photo :
  • Instagram @explorebromo.tour

Lebih lanjut, akun tersebut juga mengimbau bagi para pengunjung dan wisatawan agar bisa selalu menjaga keindahan kawasan Bromo. Selain itu, diingatkan juga agar tidak ada lagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusaknya. 

“Semoga kita bisa selalu menjaga keindahannya, jangan sampai oknum yang tidak bertanggung jawab kembali merusaknya,” pungkasnya. 

Sebelumnya, masyarakat sempat sangat geram terhadap rombongan prewedding yang menyebabkan kebakaran tersebut dengan menyalakan flare di tengah rumput kering. Kejadian ini menyebabkan kebakaran meluas hingga mencakup 989 hektare lahan dan menimbulkan kerugian materi yang sangat besar.

Namun, berita baiknya adalah bahwa alam ternyata memiliki kemampuan untuk pulih dari kerusakan. Rumput yang hangus dan gosong sekarang mulai tergantikan oleh rumput baru yang tumbuh hijau. Hal ini memberikan harapan bahwa ekosistem di sekitar Gunung Bromo dapat pulih sepenuhnya setelah insiden yang merugikan tersebut.

Komentar Netizen

“atas do'a dan tasbih seluruh alam semesta kepada Sang Pemilik Alam yang paling Kuasa menjadikannya tempat mencari kehidupan banyak mahlukNya..semoga berkah bagi kita semua dan hikmah bagi manusia yang ternyata mahluk paling lemah tapi serakah.”

“Alam punya rencana sendiri untuk merubahnya kembali dgn semestinya.”

“Masya Allah..udah mulai mengijoo lagiii.”

“Semoga saja bisa menjadi pelajaran untuk anak cucu kita nanti, betapa pentingnya menjaga keseimbangan alam.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya